Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2022: Belanda dan Senegal ke 16 Besar

REDAKSI
Rabu, 30 November 2022 - 09:38
kali dibaca
Ket Foto: Duel antar pemain di laga Senegal vs Belanda, Piala Dunia 2022.  

Mediaapakabar.com
Klasemen akhir Grup A Piala Dunia 2022. Tiga matchday sudah dimainkan, ada dua tim yang memastikan langkah ke babak 16 besar: Belanda dan Senegal.

Persaingan di Grup A bisa dibilang cukup longgar. Tuan rumah Qatar tidak berkutik menghadapi Belanda, Senegal, dan Ekuador. Tiga laga berakhir dengan kekalahan.


Selasa (29/11/2022), dua pertandingan matchday 3 terakhir Grup A dimainkan. Belanda menundukkan Qatar, Senegal membungkam Ekuador, dua tim ini pun melangkah ke babak 16 besar.


Hasil ini cukup menarik, khususnya keberhasilan Senegal. Hingga sebelum pertandingan, Ekuador lebih dijagokan karena unggul poin dan terbukti bisa menahan imbang Belanda. Namun, sepertinya semangat juang Senegal lebih tangguh.


Dengan ini tuntas sudah persaingan Grup A Piala Dunia 2022. Belanda dan Senegal ke babak 16 besar, Ekuador dan Qatar harus mengakhiri perjalanan mereka. Berikut klasemen akhir Grup A Piala Dunia 2022.


Matchday 1: Qatar 0-2 Ekuador

Ekuador membekuk tuan rumah Qatar dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/2022). Tim tamu mengamankan tiga poin perdana lewat skor 2-0.


Bermain di Al Bayt Stadium, Qatar tampak tidak maksimal sejak menit awal. Para pemain Qatar tampak grogi, sering terjadi salah operan dan terlambat menutup ruang kosong di lapangan.


Di sisi lain, Ekuador tampil cukup percaya diri sejak menit awal. Kedua gol Ekuador kali ini diborong oleh Enner Valencia di menit ke-16 dan ke-31.


Matchday 1: Senegal 0-2 Belanda

Belanda memetik kemenangan perdana di Piala Dunia 2022 dengan menundukkan Senegal di matchday 1 Grup A, Senin (21/11/2022). Oranje menang meyakinkan dengan skor 2-0.


Pertandingan di Al Thumama Stadium kali ini berlangsung sengit dan cukup seimbang. Belanda lebih menguasai bola, tapi sebenarnya Senegal lebih banyak mengancam lewat serangan cepat.


Laga sempat terkunci dan tampak akan berakhir imbang, sampai akhirnya Cody Gakpo memecah kebuntuan di menit ke-84. Setelahnya, Davy Klaasen mengunci kemenangan Belanda di injury time (90+9').


Matchday 2: Qatar 1-3 Senegal

Senegal sukses menundukkan Qatar di laga matchday 2 Grup A Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Jumat (25/11/2022) malam WIB.


Qatar berusaha bangkit dari kekalahannya lawan Ekuador. Mereka tampil lebih baik dari laga perdananya dan memberikan perlawanan sengit namun jelas kelas mereka masih di bawah Senegal.


Gol Qatar dicetak oleh Mohammed Muntari. Sementara gol-gol Senegal dihasilkan Boulaye Dia, Famara Diedhiou, dan Bamba Dieng.


Kemenangan ini membuat Senegal mengoleksi tiga angka dari dua laga, tapi mereka masih berada di peringkat ketiga Grup A Piala Dunia 2022. Sementara itu Qatar berada di dasar klasemen.


Matchday 2: Belanda 1-1 Ecuador

Belanda dan Ekuador harus puas berbagi angka di laga kedua Grup A Piala Dunia 2022. Hasil akhir 1-1 menghiasi papan skor di Khalifa International Stadium, Jumat (25/11/2022) malam WIB.


Babak pertama menjadi milik Belanda berkat keunggulan satu gol yang dicetak oleh Cody Gakpo saat laga baru memasuki menit ke-6. Meskipun, Belanda kalah dari Ekuador berdasarkan permainan.


Permainan solid Ekuador itu akhirnya berbuah hasil di babak kedua. Enner Valencia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-49.


Hasil seri ini sementara menempatkan Belanda dan Ekuador di posisi satu-dua. Kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin dan sama-sama selisih golnya (3-1).


Matchday 3: Belanda 2-0 Qatar

Timnas Belanda sukses memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Die Oranje berhasil meraih kemenangan melawan Qatar dengan skor 2-0 pada hari Selasa (29/11/2022) malam tadi.


Gol kemenangan Belanda dicetak Cody Gakpo di babak pertama serta gol Frenkie De Jong di babak kedua.


Dengan kemenangan ini, timnas Belanda berhasil mengunci tiket ke babak 16 besar dengan status juara grup. Mereka mengumpulkan tujuh poin dari tiga laga.


Matchday 3: Ekuador 1-2 Senegal

Senegal berhasil mengalahkan Ekuador di matchday 3 Grup A Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Selasa (29/11/2022) malam WIB.


Pertandingan berlangsung terbuka dan temponya cukup tinggi. Ekuador mampu memberikan perlawanan sengit pada Senegal.


Gol-gol Senegal dicetak oleh Ismaila Sarr dan Kalidou Koulibaly. Sementara gol Ekuador dihasilkan oleh Moises Caicedo.


Hasil ini membuat Senegal meraih enam poin dan duduk di peringkat kedua klasemen akhir Grup A. Sementara Ekuador di posisi tiga dengan raihan empat angka saja. Dengan demikian, Lions of Teranga berhak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.


Klasemen akhir Grup A Piala Dunia 2022


Belanda menjadi juara grup dengan 7 poin. Senegal mengekor dengan 6 poin hasil dari dua kemenangan. Ekuador ada di peringkat tiga dengan 4 poin.


Tuan rumah Qatar jadi juru kunci dengan 0 poin, kebobolan 7 gol, dan hanya mencetak 1 gol.


Sumber: Bola

Share:
Komentar

Berita Terkini