Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Sosialisasi IKP 2022, Dewan Pers Miliki Mandat Kembangkan Kemerdekaan Pers

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 11 Oktober 2022 - 00:17
kali dibaca
Ket Foto : Acara Sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers 2022 Provinsi Sumatera Utara yang diadakan di Hotel Cambridge Medan, Senin (10/10/2022). 

Mediaapakabar.com
Dewan Pers memiliki mandat untuk mengembangkan kemerdekaan pers sebagaimana tertuang dalam Pasal 15 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers.

Selain itu, untuk meningkatkan kehidupan pers nasional salah satu yang dilakukan yakni sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) demi mewujudkan cita-cita bangsa yang dimandatkan undang-undang dasar yakni kemerdekaan berekspresi dan diturunkan dalam UU Pers. 


Demikian disampaikan Anggota Dewan Pers, Ninik Rahayu pada Sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers 2022 Provinsi Sumatera Utara yang diadakan di Hotel Cambridge Medan, Senin (10/10/2022). 


Dijelaskannya, kemerdekaan pers memerlukan jerih payah semua pihak dan penguatan kemerdekaan pers saat ini hasil survei berbagai lembaga kondisi demokrasi bangsa tidak baik-baik saja.


IKP menjadi salah satu cermin mengenai derajat kemerdekaan pers yang diukur dalam kurun waktu tertentu. Namun, gambaran IKP 2022 merupakan gambaran deskripsi, potret maka bisa saja nanti potret tidak sempurna, ada kekurangan di sana sini. 


Ninik Rahayu juga menyampaikan ke depan institusi penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan dan mahkamah agung meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personilnya agar ketika berhadapan dengan persoalan hukum yang berhubungan dengan UU Pers maka harus melalui UU Pers, tidak masuk ke ranah pidana atau perdata. 


Bahkan, dia meminta agar UU Pers masuk dalam kurikulum dalam sekolah penegakan hukum seperti di institusi kepolisian. 


Ninik juga meminta agar pers yang tumbuh subur harus tetap menunjukkan ruh kerja-kerja jurnalistik tidak hanya persoalan administratif semata, tetapi bagaimana kerja jurnalistik sesuai dengan kode etik. 


Sedangkan terkait IKP 2022 untuk Provinsi Sumut dalam kategori ‘Cukup Bebas’ yakni dengan nilai 75.92. Nilai ini meningkat tipis 0,42 poin dibandingkan tahun sebelumnya yakni 75.50. 


Pertanyakan Narasumber 

Dalam diskusi IKP 2022, sejumlah peserta tampak antusias bertanya salah satunya dari PWI Sumut, Syahril yang mengkritisi narasumber pada penelitian IKP 2022. 


Seharusnya, unsur dari PWI Sumut diikutsertakan karena sebagai organisasi tua dan memiliki anggota yang sangat banyak.


IKP ini diisi narasumber Ketua Prodi S2/S3 Ilmu Komunikasi USU, Iskandar Zulkarnain, perwakilan Konstituen Dewan Pers, Daniel Pakuwali dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini