Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Selamat Hari Sumpah Pemuda 2022, Berikut Tema, Logo, dan Maknanya!

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 28 Oktober 2022 - 16:52
kali dibaca

Mediaapakabar.com
Tepat hari ini Jumat 28 Oktober 2022, Indonesia sedang memperingati hari sumpah pemuda yang ke 94.

Dalam naskah pidatonya Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan tema sumpah pemuda yaitu “Bersatu Bangun Bangsa”.


Melalui tema yang diangkat dalam sumpah pemuda kali ini Menpora ingin memberikan pesan yang mendalam bagi para pemuda Indonesia.


Yakni “bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, ketangguhan dan persatuan lah yang menjadi kekuatan untuk melakukan pembangun peradaban yang unggul dalam eksistensi bangsa Indonesia”.


 Sumpah Pemuda merupakan sebuah tonggak utama pergerakan kemerdekaan yang ada dalam sejarah Indonesia.


Dilansir dari laman resmi museum Sumpah pemuda, Sumpah Pemuda adalah keputusan dari para pemuda Indonesia dalam sebuah kongres pemuda kedua yang berasal dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI).


Sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia.


Yang dimana atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.


Sumpah Pemuda diselenggarakan selama dua hari, dari 27-28 Oktober 1928 di Batavia yang kini berganti nama dengan Jakarta.


Dalam sumpah pemuda yang di laksanakan selama dua hari ini melahirkan sebuah keputusan untuk menegaskan cita-cita akan “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.


Berdasarkan dari Surat Edaran Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Berikut penjelasannya mengenai makna dari logo Sumpah Pemuda yang ke-94 ini.


Karakteristik angka 94 penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.


Adapun garis putih didalam angka 9 dan 4 yang mengikuti logo memiliki arti yaitu kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.


Selanjutnya bentuk lingkaran yang terdapat pada angka 9, mengisyaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.


Lalu garis yang saling sejajar dan mengarah ke atas pada angka 9 dan 4, memberikan gambaran pemuda-pemudi Indonesia untuk selalu terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.


Itulah tema, makna, dari logo Sumpah Pemuda ke-94, Selamat Hari Sumpah Pemuda! (Alonesia)

Share:
Komentar

Berita Terkini