Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Pemko Medan Gelar Job Fair 2022, Pencari Kerja: Permudah Dapat Pekerjaan dan Gratis

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:20
kali dibaca
Ket Foto : Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan menggelar Job Fair Kota Medan Tahun 2022 di Tiara Convention Center Medan, Rabu (12/10/2022). 

Mediaapakabar.com
Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan menggelar Job Fair Kota Medan Tahun 2022 di Tiara Convention Center Medan, Rabu (12/10/2022). 

Terdapat 84 Perusahaan yang mengikuti Job Fair dengan 1.274 lowongan kerja yang dapat dimanfaatkan para pencari kerja Kota Medan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing-masing.


Job Fair yang digelar dengan dua metode yakni secara online dan offline ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Aulia Rachman. 


Event ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan upaya Pemko Medan dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Medan. artinya dengan adanya Job Fair ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran yang juga akan berdampak dengan berkurangnya kriminalitas dan kejahatan narkoba.


Pameran yang mempertemukan antara pencari kerja dengan pemberi kerja ini mendapatkan sambutan hangat masyarakat terutama generasi muda kota Medan yang mencari pekerjaan. 


Selain mempermudah mereka untuk mendapatkan pekerjaan, event yang rutin digelar setiap tahun oleh Pemko Medan ini gratis tanpa ada pungutan biaya apapun.


Ikhsan salah satu pencari kerja yang ditemui ketika sedang melamar pekerjaan di salah perusahaan mengungkapkan dirinya sangat senang adanya job Fair ini, sebab program Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution ini sangat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan ataupun bagi yang sudah kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi.


"Saya sangat bersyukur adanya job fair ini karena dapat mempermudah melamar pekerjaan. Apalagi program ini seluruhnya gratis, mulai dari masuk sampai dengan memilih perusahaan. Sebab sering kegiatan seperti ini masuk bayar, padahal belum tentu diterima oleh perusahaan," jelasnya.


Menurut ikhsan, job fair kali ini juga banyak menghadirkan perusahaan baik itu perbankan, administrasi maupun rumah sakit. Selain itu ada yang lebih menarik yakni pencari kerja dipermudah dengan aplikasi cinlok.


"Job Fair kali ini pencari kerja dipermudah dengan adanya aplikasi cinlok. Dimana pencari kerja tidak perlu lagi membawa berkas cukup dengan men-scan barcode kita sudah dapat melamar perusahaan," Sebut ikhsan yang berminat melamar di perusahaan perbankan.


Pencari kerja lainnya, Dita Mandasari juga mengungkapkan rasa senang dan syukur adanya Job Fair yang digelar Pemko Medan. Tentunya event ini mempermudah masyarakat dalam mencari pekerjaan, apalagi bagi yang telah memiliki pengalaman seperti dirinya untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.


"Saya mengetahui adanya job fair ini dari temen. Sebelumnya juga pernah mengikuti bursa kerja seperti ini tetapi berbayar. Job fair yang digelar Pemko Medan ini gratis atau cuma- cuma. Oleh karenanya saya sangat bersyukur adanya Job Fair ini untuk mempermudah saya mendapatkan pekerjaan," ujar Dita warga Medan Area.


Sebelumnya Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman berharap Job Fair ini dapat mengurangi pengangguran di Kota Medan. Selain itu para pencari kerja dapat bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimilikinya masing-masing. Menurut Aulia Rachman saat ini  bersama Wali Kota dirinya tengah membuat sebuah formula khusus untuk mendata seluruh masyarakat, baik dari pekerjaan orang tua  hingga pendidikan anak-anaknya.  Hal ini guna mengatasi angka pengangguran.


"Sebagai kepala daerah tentunya kami harus memikirkan inovasi dan langkah konkrit apa yang harus diambil untuk menyelamatkan para pencari kerja. Terkhusus, bagi anak baru tamat SMA yang berpikir mencari kerja karena kurang mampu melanjutkan pendidikan selanjutnya. Apalagi tingginya tingkat kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba ini banyak yang berasal dari kelas ekonomi ke bawah," kata Aulia Rachman.


Ditambahkan Wakil Wali Kota Aulia , setelah pendataan dilakukan, Pemko Medan akan memberikan pelatihan, pendampingan dan masuk kedalam bidang yang mereka inginkan dengan tidak mengeluarkan uang satu rupiah pun.


"Ini konsep yang sedang kami bangun bersama Pak Wali. Pelatihan dan pendampingan tersebut diberikan seperti sekolah kedinasan. Itu yang menjadi target utama kami, karena saya dan Pak Wali tengah mendesain anak-anak yang tamat SMA untuk diberikan pelatihan, pendampingan dan masuk kedalam bidang yang mereka inginkan. Ini gratis," ungkap Wakil Wali Kota Medan.



Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Ilyan Chandra Simbolon dalam laporannya menyampaikan, job fair ini digelar secara online dan offline. Dimana untuk offline digelar hanya satu hari saja, sedangkan via online dilaksanakan mulai 13 - 15 Oktober 2022. Job fair ini, jelasnya, digelar hanya untuk para pencari kerja yang memiliki KTP Kota Medan dan telah memiliki kartu pencari kerja.


Turut Hadir dalam Pembukaan Job Fair Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja RI Andri Susila ST MSi, Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Ilyan Chandra Simbolon, para perusahaan peserta job fair, para pencari kerja dan para perusahaan bursa kerja. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini