KPK Tegaskan Tak Incar Pihak Tertentu Terkait Kasus Formula E

REDAKSI
Selasa, 04 Oktober 2022 - 09:40
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi Balap Mobil Formula E. (fiaformulae.com)

Mediaapakabar.com
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak menargetkan orang-orang tertentu dalam mengusut kasus Formula E. Kasus tersebut diketahui tengah dalam tahap penyelidikan KPK.

"Sekali lagi saya sampaikan KPK tidak pernah menargetkan orang," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (3/10/2022).


Alex, sapaan akrabnya, menekankan pihaknya belum pernah menyebutkan seseorang sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Hal itu mengingat kasus Formula E masih dalam tahap penyelidikan.


Bahkan Alex menjelaskan, kini KPK mempertimbangkan untuk mengungkap proses penyelidikan ke masyarakat. Hal itu supaya publik dapat mengetahui perkembangan penyelidikan Formula E.


"Supaya masyarakat tidak lagi curiga, seolah-olah kami mengkriminalisasi seseorang," ungkap Alex.


Alex menambahkan, dalam bekerja, KPK hanya mengacu pada dua hal. Adapun keduanya yakni aturan serta alat bukti.


Terkait Formula E, KPK sebelumnya juga telah memeriksa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai saksi. Anies telah rampung diperiksa atau dimintai keterangan oleh tim penyidik KPK pada Rabu (7/9/2022) malam. Selama sekitar 11 jam Anies Baswedan dimintai keterangan terkait penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan balap mobil Formula E Jakarta.


Anies Baswedan yang datang ke KPK sekitar pukul 09.25 WIB baru keluar gedung KPK setelah selesai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 20.25 WIB. Anies Baswedan yang datang ke KPK dengan mengenakan pakaian dinas Pemprov DKI Jakarta mengaku senang bisa membantu kerja KPK dalam memberantas korupsi.


"Senang sekali bisa membantu KPK dalam menjalankan tugasnya. Kami selalu berusaha untuk bisa membantu KPK bahkan sebelum bertugas di pemerintahan," kata Anies. (BC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini