Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Ini Profil Irjen Toni Kapolda Jatim Baru Pengganti Teddy Minahasa

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 16 Oktober 2022 - 14:35
kali dibaca
Ket Foto : Pengganti Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim telah ditetapkan. Hal ini berdasarkan TR Kapolri terbaru yang menetapkan Kapolda sumsel Irjen Toni Harmanto sebagai Kapolda Jatim yang baru.

Mediaapakabar.com
Pengganti Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim telah ditetapkan. Hal ini berdasarkan TR Kapolri terbaru yang menetapkan Kapolda sumsel Irjen Toni Harmanto sebagai Kapolda Jatim yang baru.

"Irjen Pol Drs. Toni Harmanto MH NRP 65100566 Kapolda Sumsel Diangkat dalam Jabatan Baru Sebagai Kapolda Jatim," bunyi TR terbaru Kapolri, dilansir dari detikcom, Jumat (14/10/2022).


Sebelumnya, Irjen Teddy Minahasa sempat diangkat menjadi Kapolda Jawa Timur (Jatim) menggantikan Irjen Nico Afinta yang menjadi tersangka buntut kasus tragedi Kanjuruhan. Namun kemudian Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membatalkan hal tersebut karena diketahui Teddy Minahasa terjerat kasus narkoba.


"Terkait dengan posisi Irjen Pol TM yang kemarin baru saja kita keluarkan TR untuk mengisi Polda Jatim, hari ini saya akan keluarkan TR pembatalan," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat konpers, Jumat (14/10).


Sigit juga menegaskan Irjen Teddy Minahasa batal menjadi Kapolda Jawa Timur (Jatim) dan memastikan posisinya akan diisi pejabat baru. "Kita ganti dengan pejabat yang baru," ucap Sigit.


Berikut ini informasi profil Irjen Toni Harmanto sosok pengganti Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim yang baru, seperti dilansir detikJatim.


Profil Toni Harmanto, Kapolda Jatim Pengganti Teddy Minahasa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Toni Hermanto sebagai Kapolda Jatim yang baru. Hal ini sesuai dari Telegram Rahasia (TR) Kapolri terbaru Nomor ST/2223/X/KEP./2022.


Sebelum ditunjuk menjadi Kapolda Jatim, Toni Harmanto menjabat Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) sejak Agustus 2021. Toni menjadi Kapolda Sumsel menggantikan Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.


Toni Harmanto lahir di Jakarta pada 5 Oktober 1965. Toni merupakan lulusan Akpol tahun 1988.


Nama Toni Harmanto sendiri sejatinya tak asing di Polda Jatim. Sebab pada tahun 2018, Toni pernah menjabat Wakapolda Jatim saat kepemimpinan Kapolda Jatim dipegang oleh Irjen Luki Hermawan.


Seperti dilansir detikSumut, sebelum menjabat Kapolda Sumsel, Toni Harmanto juga pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat (Sumbar). Toni bertugas sejak 6 Desember 2019 hingga 25 Agustus 2021, menggantikan Irjen Fakhrizal yang maju menjadi Calon Gubernur Sumbar.


Selama menjabat, Toni dianggap memiliki reputasi baik. Oleh karena itu, masyarakat Niniak Mamak Nan Salapan Puluah Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar menganugerahi Toni Harmanto gelar adat Tuanku Rajo Sinaro Basa. Dan istrinya bergelar Yesika Toni bergelar Rangkayo Siti Aminah.


Dalam catatan detikSumut, prosesi malewakangala sangsangkoini dilaksanakan di GOR Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto pada Senin (28/6/2021) silam.


Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Paninjauan, Zulfahmi Dt, Sampono Katik sebagai salah satu pengurus KAN di Nagari Paninjauan menyebutkan, gelar yang diberikan kepada Irjen Pol Toni Harmanto beserta istrinya memiliki makna yang tinggi.


"Gelar Tuanku Rajo Sinaro memiliki arti seorang raja atau pemimpin yang selalu bercahaya dan bersinar, berjiwa besar. Sedangkan Siti Aminah yang bermakna memiki sifat kemuliaaan dan kesantunan layaknya ibunda Nabi Muhammad SAW sebagai contoh yang sangat baik bagi masyarakatnya," jelas Zulfahmi, saat itu.


Kini, Irjen Toni Harmanto diangkat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) menjadi pengganti Teddy Minahasa yang batal menduduki jabatan tersebut buntut terjerat kasus narkoba, Teddy ditetapkan sebagai tersangka dan dimutasi ke Yanma Polri. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini