Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Bobby Nasution: Tertibkan Kendaraan Plat Merah Maupun Hitam Tanpa Tebang Pilih

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:59
kali dibaca
Ket Foto : Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Mediaapakabar.com
Ketertiban lalu lintas di Kota Medan bisa dikatakan masih belum tertata dengan baik. Untuk itu, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan Kota Medan bersama unsur TNI dan Polri menggelar Pekan Disiplin Parkir. 

Diharapkan, melalui penertiban ini tidak ada lagi kendaraan bermotor yang parkir berlapis maupun di lokasi yang dilarang parkir. Dengan demikian, ketertiban parkir kedepannya akan menjadi lebih baik lagi.


Hal ini terungkap dalam Apel Pekan Disiplin Parkir yang dipimpin langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution di halaman depan Balai Kota Medan, Selasa (25/10/2022). 


Dalam melaksanakan Pekan Disiplin Parkir, orang nomor satu di Pemko Medan ini minta kepada tim gabungan untuk melakukan tindakan tegas terhadap kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran parkir.


"Saya minta dalam melakukan penertiban, tidak ada tebang pilih. Mobil plat hitam maupun merah yang melakukan pelanggaran parkir, silahkan ditindak tegas. Apapun jabatan dan status kita, harus mencontohkan kepada masyarakat bagaimana tata  cara parkir yang baik, " kata Bobby Nasution.


Dengan Pekan Disiplin Parkir, Bobby Nasution berharap menjadi awal dalam melakukan penertiban parkir di ibukota Provinsi Sumatera Utara. 


Selain itu, melalui kegiatan ini, imbuhnya, tim yang melakukan penertiban juga dapat menginformasikan dan mengedukasi  masyarakat bahwasanya jalan maupun trotoar itu bukan tempat parkir.


"Kita lihat masih banyak kendaraan bermotor yang parkir sembarangan, termasuk di jalan-jalan utama seperti Jalan Sudirman. Sudah jelas ada rambu larangan parkir dipasang, tapi masih ada saja yang parkir di kawasan yang dilarang untuk parkir tersebut. Bahkan ada yang sampai parkir dibawah rambu larangan parkir tersebut. Hal inilah yang harus terus kita sosialisasikan dan informasikan kepada masyarakat bahwa jalan maupun trotoar bukan tempat parkir, " ungkapnya.


Di hadapan Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Wadirlantas Polda Sumut AKBP Erwin Soewondo SIK, Wakapolrestabes Medan AKBP DR Yudhi Hery Setiawan SIK MSi, Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Wilfrid Siregar, Pasiops Kodim 02/01 Medan Mayor Inf Marlon Lossari Marbun, Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Bobby Nasution selanjutnya mengungkapkan, Pemko Medan saat ini sedang menyiapkan sistem perparkiran yang baik.


Dikatakan menantu Presiden RI Joko Widodo ini, Pemko Medan akan menyiapkan kantong-kantong parkir. Di lokasi yang dekat dengan pusat perekonomian maupun kegiatan masyarakat. Langkah ini dilakukan, jelasnya, agar kantung parkir dapat menampung lebih banyak kendaraan sehingga dapat parkir dengan baik dan tertib.


Di penghujung arahannya, suami Ketua TP PKK Kahiyang Ayu ini berpesan kepada seluruh tim untuk terus semangat dalam melaksanakan tugas. Dalam melakukan penertiban parkir, pesannya, utamakan lakukan  sosialisasi agar masyarakat tidak parkir sembarangan.  


"Kita yang ada di dalamnya harus menjadi penggerak perubahan yang ada di Kota Medan. Insya Allah dengan kegiatan ini kelancaran lalu lintas di Kota Medan ke depannya akan menjadi lebih baik lagi," harapnya.


Meski diguyur hujan gerimis sejak pagi, namun pelaksanaan Apel Pekan Disiplin Parkir tetap berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Dalam apel tersebut, Bobby Nasution secara simbolis menyematkan pita kepada empat petugas tim gabungan.


Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis usai apel menjelaskan, Pekan Disiplin Parkir merupakan awal dari penertiban parkir yang akan dilakukan secara rutin oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan dibantu unsur TNI dan Polri. 


Dalam melakukan penertiban, jelasnya, ada beberapa metode seperti statistis, dimana sejumlah lokasi parkir yang dianggap bermasalah seperti Jalan Thamrin, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan S Parman akan ditempatkan petugas dari Dishub berkolaborasi dengan petugas dari TNI, Polri dan Satpol PP yang akan melakukan penjagaan.


"Selain itu, kita juga akan membentuk lima tim yang akan bergerak secara dinamis untuk berkeliling memantau parkir bermasalah. Selain petugas Dishub, tim juga melibatkan unsur TNI dan Polri serta petugas Satpol PP. Setiap pelanggaran parkir yang ditemukan langsung ditindak dengan tilang elektronik. Bahkan, kita juga akan melakukan penderekan terhadap kendaraan bermotor roda empat ke tempat penyimpanan di Kayu Putih," jelas Iswar.


Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran parkir, kata Iswar telah disiapkan dua truk kerjasama dengan Satpol PP untuk selanjutnya di boyong ke tempat penyimpanan di Kayu Putih. 


"Langkah tegas ini kita lakukan dengan harapan agar semua kendaraan bermotor parkir di lokasi yang telah ditetapkan, " paparnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini