Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

7 Cara Cepat Memudarkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 16 Oktober 2022 - 16:25
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. Ada sejumlah cara memudarkan bekas jerawat hitam sehingga kulit kembali mulus. Berikut cara pudarkan bekas jerawat hitam dengan cepat. (iStockphoto/Prostock-Studio)

Mediaapakabar.com
Bekas jerawat yang menghitam cenderung sulit dihilangkan. Butuh waktu untuk benar-benar menghilangkan bekas jerawat dari wajah.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk menghilangkannya dengan cepat. Ada sejumlah cara memudarkan bekas jerawat hitam yang bisa dilakukan.


American of Dermatology Association (AAD) menuliskan bahwa bekas jerawat menghitam memerlukan proses berbulan-bulan untuk benar-benar hilang.


Karena hiperpigmentasinya cenderung berlebihan, maka cara menghilangkan bekas jerawat menghitam agak berbeda dari bekas jerawat yang biasa.


Apabila Anda yang sedang mengalami hal ini, berikut cara mengatasinya, dihimpun dari berbagai sumber.


1. Gunakan skincare dengan bahan aktif eksfoliasi

Tidak semua produk skincare mampu menghilangkan bekas jerawat hitam. Untuk itu Anda perlu memiliki produk dengan bahan aktif yang mampu memudarkan atau menyamarkan bekasnya.


Salah satu bahan aktif yang mampu menghilangkan bekas jerawat hitam adalah Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA), mengutip Healthline.


Kedua kandungan eksfoliasi ini dapat membantu menghilangkan bekas jerawat pada lapisan luar (stratum korneum) dan menggantinya dengan lapisan kulit baru.


Namun, Anda cukup menggunakan produk dengan bahan ini seminggu maksimal dua kali agar kulit tidak dehidrasi dan mengalami over-eksfoliasi.


2. Pakai retinol

Retinol adalah kandungan skincare yang tengah naik daun belakangan ini. Komponen turunan vitamin A ini digunakan untuk mengatasi problem penuaan yang muncul pada kulit.


Selain itu, retinoid juga dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit, termasuk menghilangkan flek hitam, bekas jerawat, hingga hiperpigmentasi.


Bila Anda ingin fokus menghilangkan noda bekasnya, maka pastikan produk yang Anda gunakan mengandung bahan retinol dengan konsentrasi 0,025 persen agar tidak mengiritasi dan 'membakar' kulit.


3. Gunakan produk dengan kandungan vitamin C

Vitamin C merupakan agen pencerah kulit yang banyak terkandung dalam skincare. Mulai dari cleanser, toner, serum, hingga sunscreen.


Vitamin C tidak hanya meningkatkan proses regenerasi kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, tetapi juga mendukung produksi kolagen. Untuk permulaan, gunakan vitamin C dengan konsentrasi terendah agar tidak memicu iritasi.



4. Selalu memakai sunscreen

Sunscreen adalah rangkaian skincare yang tak boleh terlewatkan. Selain melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, skincare juga dapat berperan penting untuk mengurangi hiperpigmentasi bekas jerawat.


Ini karena kandungan UV protection pada sunscreen dapat mencegah terbentuknya pigmentasi baru. Anda bisa menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan jangan lupa untuk re-apply setiap tiga jam sekali.


5. Chemical peeling

Chemical peeling atau pengelupasan kimia adalah metode yang dinilai efektif untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Selain itu, chemical peeling juga dapat membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, mengutip Medical News Today.


Namun, sebelum melakukan prosedur chemical peeling sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kulit agar tidak salah langkah. Proses chemical peeling tidak boleh dilakukan terlalu sering karena khawatir menyebabkan over-hidrasi dan kulit menjadi tipis.



6. Laser treatment

Dalam proses perawatan laser ini, kulit wajah Anda akan dilaser menggunakan alat canggih yang bisa menjangkau akar masalah bekas jerawat.


Selain itu, laser juga bisa membantu mengurangi kekusaman, serta mengurangi tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.


Laser treatment dapat dilakukan satu kali setiap dua minggu. Hanya saja, laser tidak disarankan untuk semua orang, terutama bagi pemilik kulit sensitif karena berpotensi menyebabkan reaksi berlebihan.


7. Perawatan alami

Meskipun perawatan alami membutuhkan waktu lama untuk bekas jerawat sirna, tetapi metode ini dijamin lebih aman.


Perawatan alami menggunakan aloe vera atau lidah buaya misalnya, yang hingga saat ini masih digemari karena dapat membantu mengurangi bekas jerawat hitam.


Kandungan aloesin pada lidah buaya yang bisa menghambat munculnya hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Dengan bertambah cerahnya kulit, otomatis akan membuat bekas jerawat memudar.


Demikian cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang perlu Anda ketahui. Jika bekas jerawat tak kunjung hilang, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit yang tepat. Semoga bermanfaat. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini