Topan Noru Sampai Filipina Hari Ini, Status Siaga

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 25 September 2022 - 10:55
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. Topan Noru yang diprediksi sampai di Filipina, Minggu (25/9/2022).

Mediaapakabar.com
Topan super noru diprediksi sampai di Filipina Minggu (25/9) siang. Badan bencana Filipina mengumumkan status siaga sejak Sabtu (24/9/2022) ketika badai tropis yang mendekat meningkat menjadi topan yang diperkirakan akan membawa hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di atas pulau utama Luzon.

Topan super Noru, yang dikenal secara lokal sebagai topan super Karding, sedang mendekati Filipina utara dan diperkirakan akan melanda negara tersebut pada Minggu sore waktu setempat.


Noru juga diperkirakan akan mempengaruhi wilayah ibu kota dan provinsi utara yang dilanda topan bulan lalu yang menyebabkan banjir dan tanah longsor serta menyebabkan kematian sejumlah tiga orang.


Menurut Joint Typhoon Warning Center, badai dengan cepat meningkat pada dini hari Minggu (25/9) dan menguat dari topan 140 km per jam (85 mph) menjadi topan super 250 km per jam (155 mph) hanya dalam enam jam.


Prakiraan dari JTWC, melihat penguatan lebih lanjut dalam beberapa jam menjelang pendaratan, badai diproyeksikan setara dengan topan Kategori 5 pada saat badai topan menghantam Luzon, mengutip CNN.


Topan super diperkirakan akan membawa gelombang besar dan gelombang badai, hujan lebat, dan angin dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam ke Luzon selama 24 jam ke depan.


Administrasi Layanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina telah mengeluarkan peringatan sinyal tingkat empat untuk Kepulauan Polillo untuk mengantisipasi kerusakan yang besar.


Peringatan tingkat dua dan tiga diberlakukan untuk sebagian besar Luzon, termasuk metro Manila. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini