Jaksa Daring, Aspidmil Kejatisu, Kolonel TNI di Kejaksaan Sampaikan Tupoksi Pidmil

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 09 September 2022 - 19:37
kali dibaca
Ket Foto : Asisten Tindak Pidana Militer (Aspidmil) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) Kolonel Makmur Surbakti, SH MH menjadi narasumber pada kegiatan Jaksa Daring yang digelar LIVE di akun media sosial IG Kejati Sumut, Kamis (8/9/2022) dengan host Jaksa Fungsional Joice V. Sinaga.

Mediaapakabar.com
Asisten Tindak Pidana Militer (Aspidmil) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut) Kolonel Makmur Surbakti, SH MH menjadi narasumber pada kegiatan Jaksa Daring yang digelar LIVE di akun media sosial IG Kejati Sumut, Kamis (8/9/2022) dengan host Jaksa Fungsional Joice V. Sinaga.

Pada kegiatan Jaksa Daring tersebut, Aspidmil Makmur Surbakti menyampaikan beberapa hal terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.


Makmur Surbakti menyampaikan bahwa Kejaksaan Tinggi yang ada Aspidmilnya adalah daerah yang ada Pengadilan Militernya atau Oditurat Militernya.


"Di Kejati Sumut sendiri Aspidmil memiliki 3 Kepala Seksi, yaitu Kasi Penuntutan, Kasi Eksekusi, Upaya Hukum Luar Biasa dan Eksaminasi dan Kasi Penindakan," paparnya.


Sampai sejauh ini, lanjut Makmur Surbakti  Bidang Pidmil di Kejagung sedang menangani perkara tindak pidana korupsi koneksitas yang melibatkan oknum TNI. 


"Tidak hanya perkara tindak pidana korupsi, tindak pidana umum lainnya juga yang melibatkan oknum TNI akan menjadi bagian tugas dari Bidang Pidmil. Kalau yang melakukan kesalahan dari oknum TNI AD maka laporannya akan ditangani Denpom AD, kalau oknum TNI AL ditangani POMAL, dan kalau dari TNI AU akan ditangani POMAU," paparnya.


Nantinya, kata Makmur Surbakti ketika oknum TNI-nya sudah bersidang dan dinyatakan bersalah, maka akan dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Militer.


"Ke depan, Bidang Pidmil Kejati Sumut akan melakukan koordinasi dengan TNI dan Oditurat dalam penanganan perkara yang berpotensi koneksitas," tandasnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini