Hujan Deras Landa Bogor, Banjir dan Longsor Terjadi di 21 Titik

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 11 September 2022 - 23:43
kali dibaca
Ket Foto: Longsor juga terjadi imbas hujan deras di Bogor (Dok. Istimewa)

Mediaapakabar.com
Hujan deras yang melanda Kota Bogor mengakibatkan bencana banjir hingga longsor di sejumlah titik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun beberapa rumah dikabarkan mengalami kerusakan.

"Hingga malam ini berdasarkan laporan yang masuk total ada 21 titik (bencana), longsor 8 titik, banjir 11 titik tapi beberapa hanya banjir lintasan dan sudah surut. Kemudian ada dua titik bangunan rumah yang dilaporkan ambruk dan dindingnya jebol," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilio Patricinio Freitas dikutip dari detikcom, Minggu (11/9/2022) malam.


Theo menyebut, bencana longsor dan banjir tersebar di 4 kecamatan di Kota Bogor. Sebaran bencana terbanyak berada di wilayah Kecamatan Bogor Barat sebanyak 9 titik. Disusul Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor 6 titik dan beberapa titik lainnya di Bogor Timur dan Bogor Tengah.


"Wilayah Kecamatan Bogor Barat ada 9 titik, ini terbanyak ya. Kemudian Bogor Selatan ada 5 titik, lainnya iyu di Bogor Timur dan Bogor Tengah. Titik bencana lainnya masih dalam pendataan, anggota masih menyebar di lapangan," kata Theo.


Hingga malam ini, beberapa titik banjir telah surut. Terutama banjir lintasan yang sempat menggenangi jalan raya, seperti di Jl Kapten Yusuf dan jalan desa di Kelurahan Cibeureum Bogor Selatan.


"Sebagian banjir di beberapa titik dilaporkan sudah surut, sudah aman. Hujan juga sudah reda, mudah-mudahan semuanya surut malam ini," terang Theo.


Sementara itu, bencana banjir lintasan juga tercatat terjadi Jl Kapten Yusuf, Kelurahan Cikaret, Kota Bogor sekitar pukul 17.00 Wib. Di lokasi ini, saluran air tidak mampu menampung volume air yang datang sehingga meluap ke jalan raya.


Aliran air yang deras membuat kendaraan tidak berani melintas hingga menimbulkan kemacetan. Beberapa kendaraan yang nekat menerobos banjir sempat terjatuh hingga motornya terbawa arus banjir lintasan. Selain itu beberapa motor dan mobil juga mengalami mati mesin.


"Banjir lintasan di Jl Raya Ciapus (Jl Kapten Yusuf,red), air meluap ke jalan, alirannya deras banget. Banyak motor kejebak di jalan, malah sampai ada yang jatuh terus motornya kebawa air gitu. Tapi langsung ditolongin warga," kata warga Kelurahan Cikaret Kota Bogor Yulianti Rahma.


Yulianti menyebut, banjir lintasan yang memenuhi Jl Kapten Yusuf terjadi sekitar pukul 17.00 Wib. Saat itu kawasan tersebut di guyur hujan deras. Saluran air yang berada di sisi Jl Raya Kapten Yusuf tidak bisa menampung dan membuat air meluap ke Jalan.


"Iya kejadiannya pas hujan gede tadi sore. Banjirnya parah, makanya tadi sempat macet. Sekarang sudah lancar, tadi jam 8 malam masih macet, banyak motor mobil mogok," kata Yulianti. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini