Hari Pertama Charles jadi Raja Inggris: Audiensi Hingga Kebaktian

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 10 September 2022 - 12:15
kali dibaca
Ket Foto : Raja Charles III bertemu dengan PM Inggris Liz Truss di hari pertamanya menjabat sebagai penguasa monarki Inggris. (AFP/YUI MOK)

Mediaapakabar.comPangeran Charles meneruskan tahta Kerajaan Inggris dan mengemban gelar Raja Charles III setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia, pada Kamis (8/9/2022).

Charles langsung kembali ke London pada Jumat kemarin untuk melanjutkan tugas kenegaraan yang ditinggalkan mendiang ibunya. Ia ditemani Camilla yang kini menjabat sebagai permaisuri. 


Berikut beberapa kegiatan yang dijalani Charles Jumat (9/9/2022) waktu setempat di hari pertama menjabat sebagai Raja. 


11:20 (waktu setempat)


Charles meninggalkan Balmoral, di timur laut Skotlandia, menuju London dengan konvoi mobil. Permaisuri Camilla terlihat termenung di kursi depan kendaraan menuju bandara Aberdeen untuk penerbangan kembali ke ibu kota.


Sementara Charles terlihat duduk di belakang.


12:00 


Lonceng gereja berdentang di seluruh Inggris sebagai penghormatan kepada mendiang ratu, termasuk di Katedral St Paul London dan Biara Westminster, dan di kediaman mendiang pemimpin Windsor, di sebelah barat ibu kota.


12:15


Istana Buckingham mengumumkan Charles akan secara resmi diproklamasikan sebagai raja di Dewan Aksesi, pada Sabtu (10/9) dengan rangkaian acara dimulai pukul 10:00 pagi pada waktu setempat.


13:00


Tembakan meriam terdengar di keempat penjuru negara dan sekitarnya, dalam upacara "death gun salute" untuk mengenang sang ratu.


Sembilan puluh enam tembakan -- satu untuk setiap tahun dalam hidupnya -- ditembakkan dari Hyde Park dan Menara London di ibu kota.


Senjata berat juga ditembakkan ke Kastil Edinburgh di Skotlandia, Kastil Hillsborough di Irlandia Utara dan Kastil Cardiff di Wales, serta Kepulauan Channel dan Gibraltar.


13:35


Pesawat yang membawa Charles dan Camilla mendarat di RAF Northolt, London barat. Mereka berkendara ke Istana Buckingham yang telah dipenuhi banyak orang .


Satu simpatisan mencium Charles sementara yang lain bersorak dan menyanyikan "God Save the King". Charles, mengenakan setelan hitam, berjabat tangan dengan orang-orang di kerumunan yang mengucapkan kata-kata belasungkawa.


Bendera Standar Kerajaan, yang dikibarkan di istana kerajaan ketika seorang raja datang, kemudian dikibarkan di Istana Buckingham untuk pertama kalinya pada masa pemerintahan Charles III.


16:13


Charles mengadakan audiensi langsung pertamanya dengan Perdana Menteri Liz Truss di Istana Buckingham.


Pertemuan pribadi seperti itu antara raja dan perdana menteri yang netral secara politik biasanya berlangsung setiap minggu dan terjadi selama 70 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth II.


18:00


Charles membuat pidato televisi pertamanya sebagai raja. Dia memberikan penghormatan emosional kepada sang ibunda yang ia sebut "darling mama". Dia mengumumkan bahwa Pangeran William dan istrinya Kate akan menjadi Pangeran dan Putri Wales yang baru.


19:06


Lagu "God Save the King" diperdengarkan untuk pertama kalinya pada publik, tepatnya di kebaktian gereja untuk ratu di katedral di pusat kota London. Perdana Menteri Inggris Liz Truss hadir dalam kebaktian ini. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini