Guna Wujudkan Program Prioritas Bobby Nasution Atasi Banjir, Kecamatan Medan Johor Rutin Normalisasi Drainase

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 17 September 2022 - 19:42
kali dibaca
Ket Foto : Bobby Nasution juga menginstruksikan agar pihak Kecamatan melalui perangkat kerjanya untuk terus melakukan normalisasi drainase secara mandiri.

Mediaapakabar.com
Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution terus berupaya dan bekerja keras mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan. Salah satunya dengan normalisasi saluran drainase sehingga mampu menampung dan mengalirkan debit air hujan.

Dengan normalisasi yang dilakukan diharapkan mampu meminimalisir terjadinya banjir maupun mengurangi luas genangan air yang terjadi saat  intensitas hujan tinggi.  


Dalam normalisasi drainase Bobby Nasution tidak hanya meminta Dinas PU yang melakukannya, namun harus saling berkolaborasi dengan Kecamatan agar percepatan penanganan banjir ini berjalan maksimal. Selain itu Bobby Nasution juga menginstruksikan agar pihak Kecamatan melalui perangkat kerjanya untuk terus melakukan normalisasi drainase secara mandiri.


Instruksi Menantu Presiden Jokowi ini langsung ditindaklanjuti jajaran Kecamatan, salah satunya Kecamatan Medan Johor. Diakui Camat Medan Johor Chandra Dalimunthe, sejak bulan Januari hingga saat ini Kecamatan Medan Johor telah normalisasi drainase di wilayahnya dengan panjang hampir 3.000 Meter. 


Hal ini rutin dilakukan guna mengembalikan fungsi drainase sebagai mengalirkan air sehingga dapat mengurangi dampak banjir. Selain itu juga untuk mewujudkan program prioritas Pak Wali Kota Medan khususnya penanganan banjir.


"P3SU kita turunkan normalisasi drainase di titik-titik yang menjadi pemicunya genangan air atau banjir. Seperti di jalan Karya Tani, Pangkalan Masyhur sepanjang 543 Meter drainase kita normalisasi. Sedimen yang dibersihkan berupa sampah, bebatuan dan lumpur," jelas Chandra Dalimunthe.


Dijelaskan Chandra, normalisasi drainase ini dilakukan secara mandiri dengan menggunakan alat manual. Meskipun demikian pekerjaan tetap maksimal. Dengan penuh semangat petugas P3SU bahu-membahu membersihkan saluran drainase dari sedimen yang ada. Chandra juga menjelaskan normalisasi drainase ini rutin kita gelar, terutama di setiap akhir pekan.


"Normalisasi drainase merupakan komitmen kita untuk mewujudkan program Pak Wali Kota khususnya dalam penanganan banjir. Pak Bobby Nasution telah meminta kita bekerja keras agar genangan air dan banjir di wilayah kota Medan dapat teratasi," ujar Camat Medan Johor.


Chandra Dalimunthe menambahkan di jalan Karya Perbatasan Kelurahan Pangkalan Masyhur dan  jalan Sukapura kelurahan Suka Maju, Petugas P3SU juga telah selesai membersihkan saluran drainase sepanjang 543 meter dan 220 meter. Dampak dari normalisasi ini pun begitu terasa, disaat hujan turun air dapat mengalir lancar.


"Total saluran drainase yang telah dinormalisasi di Kecamatan Medan Johor sepanjang 2.019 meter. Selain secara mandiri, Kami juga berkolaborasi dengan Dinas PU melakukan normalisasi drainase. Kita harapkan dengan kolaborasi ini percepatan penanganan banjir di kota Medan dapat segera terwujud," sebutnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini