DPRD Pertanyakan Tentang Program Inovasi Wali Kota Medan

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 23 September 2022 - 21:47
kali dibaca
Ket Foto : Gedung DPRD Medan.

Mediaapakabar.com
Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Medan mempertanyakan secara detail kepada Wali Kota Medan terkait inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Medan selama ini yang harus dilegitimasi.

Hal itu termasuk Inovasi non IT dan inovasi berbasis IT. Selain itu, Fraksi Partai Gerindra mempertanyakan kendala-kendala dan persiapan terhadap program inovasi di daerah tersebut.


Dibacakan oleh Haris Kelana Damanik, Fraksi Gerindra berpandangan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah menyebutkan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dapat melakukan inovasi daerah.


“Artinya, Inovasi daerah yang dimaksud adalah semua bentuk pembaharuan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja kita dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik,” jelasnya, Selasa (13/9/2022) saat rapat paripurna Pemandangan Umum Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Medan Terhadap Nota Pengantar Oleh Kepala Daerah Atas Ranperda Kota Medan Tentang Inovasi Daerah di ruang Paripurna gedung DPRD Kota Medan.


Haris menambahkan, pemberdayaan dan peran masyarakat serta peningkatan daya saing daerah. “Oleh karena itu pada dasarnya Fraksi Gerindra menyetujui agar Ranperda ini untuk segera dijadikan Peraturan Daerah, dengan tujuan agar terjadi peningkatan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat di Kota Medan,” sebutnya.


Lanjutnya, Fraksi Partai Gerindra  berpandangan bahwa guna mewujudkan daya saing yang lebih tinggi beberapa perangkat daerah sudah melaksanakan Inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintah kota Medan, namun belum dilakukan secara terkoordinir sehingga belum bisa meningkatkan daya saing daerah yang signifikan, untuk itu diperlukan kebijakan pengaturan inovasi ini.


”Kami mohon tanggapan Saudara Wali Kota Medan dengan adanya Perda Tentang Inovasi Daerah ini. Fraksi Gerindra juga berharap agar inovasi dapat dilaksanakan secara terencana dan terpadu, terintegrasi dan terkoordinasi secara optimal guna mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di kota Medan,” tegasnya.


Disebutkannya, berdasarkan

KEPMENDAGRI NOMOR 100-4672 TAHUN 2020 Tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi Kabupaten dan Kota Tahun 2020 menunjukkan bahwa Kota Medan termasuk salah satu daerah di Sumatera Utara yang indeks Inovasinya masuk kategori kota yang kurang inovatif dengan skor 15, sangat jauh jika dibandingkan Kabupaten Deli Serdang, Labuhan Batu, Karo, Samosir dan Humbahas yang Indeksnya sangat sangat inovatif.


”Bagaimana mungkin Kita Medan sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara dikategorikan kurang Inovatif. Dan kenapa hal ini bisa terjadi?. Apakah kurang sumber daya manusia. Hal ini harus menjadi perhatian serius Pemko Medan,” ujarnya.


Terkait pelayanan publik sebut nya lagi, ada beberapa hal yang menjadi catatan utama yang harus dipenuhi dalam memberikan pelayanan publik yang Prima dalam rangka mewujudkan Kota Medan yang Smart City, berkarakter, humanis dan berdaya saing Global yakni seluruh OPD Pemko Medan haruslah responsif dalam mendengarkan keluhan, saran dan aspirasi masyarakat, transparan dalam menyampaikan informasi terkait pelayanan publik.


Fraksi Gerindra menghimbau agar Pemko Medan harus mempedomani Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 yang mencantumkan urusan wajib Non Dasar terkait pengembangan iklim Inovasi. 


Organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai pelaku teknis kegiatan harus melakukan evaluasi untuk menentukan kebijakan dan berkoordinasi kembali ke Balitbang untuk perencanaan program kegiatan.


Kemudian, Haris menghimbau kepada Pemko Medan untuk menjelaskan sistem Inovasi apa saja yang ada pada organisasi perangkat daerah dan bagaimana pelaksanaannya. 


Setelah itu juga meminta Pemko Medan untuk menjelaskan sistem Inovasi apa saja yang ada pada organisasi Perangkat Daerah kota Medan Tahun Anggaran 2021. (MC/DAF

Share:
Komentar

Berita Terkini