Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Medan, Massa Bakar Poster Puan Maharani

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 09 September 2022 - 10:08
kali dibaca
Ket Foto : Massa yang menggelar demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di Medan, Sumatera Utara membakar poster Ketua DPR Puan Maharani.

Mediaapakabar.comMassa dari Akumulasi Kemarahan Buruh dan Rakyat (AKBAR) membakar poster Ketua DPR Puan Maharani saat menggelar demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di depan Gedung DPRD Sumatera Utara, Kamis (8/9/2022).

Poster Puan yang dibakar itu ditulisi massa dengan kalimat "Saya sedih BBM Naik. Selamat ulang tahun Puan Maharani".


"Kami dari Akbar Sumut, kembali lagi turun ke jalan merespon kebijakan pemerintah yang menaikkan BBM bersubsidi," kata Martin Luis perwakilan dari massa di lokasi demo.


Massa juga melakukan aksi teatrikal yang mengibaratkan para anggota dewan hanya tidur saat rapat soal membahas persoalan rakyat.


Tak lama kemudian, poster Puan Maharani yang dibakar itu lekas dipadamkan aparat kepolisian. Polisi langsung menyita poster yang dibawa massa itu.


Meski demikian, aksi massa terus berlanjut. Orasi terus disuarakan. Aksi teatrikal tak berhenti diperagakan.


"Kami mengadakan aksi teatrikal atas kebijakan pemerintah terutama DPRD yang tidak berpihak pada masyarakat. Kami simulasikan bagaimana sidang yang selama ini sebenarnya tidak menghasilkan kebijakan yang memihak terhadap rakyat," ucap Martin.


Para pengunjuk rasa menilai pemerintah serta parlemen tidak peduli dengan penderitaan yang dirasakan rakyat akibat kenaikan harga BBM.


Martin juga menyinggung para anggota DPR yang memberikan kejutan ulang tahun kepada Puan Maharani saat rapat paripurna. Padahal, di luar gedung DPR, massa tengah berteriak berdemonstrasi menolak kenaikan harga BBm.


"Ternyata di dalam gedung DPR RI itu justru merayakan ulang tahun Ketua DPR RI dan itu sebenarnya satu bentuk ironis di tengah kondisi rakyat yang menderita," kata Martin.


"Khususnya dewan perwakilan rakyat tidak mau tahu tentang apa yang dirasakan dan apa yang sedang dilakukan di depan gedung mereka sendiri," tambahnya.


Massa mendesak agar kenaikan harga BBM dibatalkan. Mereka juga meminta keseriusan anggota DPRD Sumut untuk mendukung masyarakat. Mereka mengancam akan datang dengan jumlah massa yang lebih besar. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini