BLT di Desa Patumbak II Diduga 'Disunat' Tanpa Musyawarah, Warga Minta Polisi Bertindak

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 21 September 2022 - 08:24
kali dibaca
Ket Foto : Kantor Desa Patumbak II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. 

Mediaapakabar.comWarga penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Patumbak II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang mendadak heboh.

Pasalnya, oknum Kepala Desa (Kades) Patumbak II berinisial ES diduga memangkas uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari jumlah Rp900 ribu menjadi Rp450 ribu.


Informasi yang dikumpulkan di Desa Patumbak II, terdapat 108 warga yang terdaftar sebagai penerima BLT dari pemerintah pusat tersebut dengan jumlah BLT Rp 97.200.000.


Potongan tersebut dilakukan oleh oknum Kades dengan dalih membagi kepada warga lainnya yang dianggap kurang mampu.


Namun, kebijakan tersebut dianggap sepihak. Sebab dilakukan oleh Kades tanpa adanya musyawarah Desa dengan anggota BPD, juga masyarakat yang terdaftar sebagai penerima BLT tersebut.


Hal itu juga disampaikan oleh Wakil ketua BPD Desa Patumbak II Anggi Reynaldi melalui akun facebook resminya Reynal Raf yang mempertanyakan pembagian BLT tanpa adanya kesepakatan dan tanpa musyawarah Desa.


"Ayok pemerintah desa patumbak 2, kalau merasa benar BLT boleh dibagi antar kesepakatan antar lembaga mana buktinya.."? Tulis Reynaldi Wakil ketua BPD Desa Patumbak II tersebut.


"Saya disini wakil ketua BPD Desa patumbak II tidak sedikitpun mengetahui itu dan tidak adanya musyawarah desa karena saya baik-baik untuk meminta bukti itu sudah hak mutlak," tambahnya lagi.


Sejumlah warga di Desa Patumbak II pun meminta Polda sumatera utara untuk turun dan memeriksa oknum Kepala Desa beserta perangkat-perangkatnya.


"Kami minta Polisi Polda Sumatera Utara (Sumut) tolong turunlah inikan bantuan Presiden, bantuan pemerintah pusat kok malah dipotong-potong begini tanpa ada musyawarah, yang menimbulkan kegaduhan. Uang yang dibagikan ke warga yang mana pun tidak ada daftarnya," ketus warga disana sambil meminta namanya dirahasiakan.


Terkait hal itu oknum Kades Patumbak II, Kecamatan Patumbak berinisial ES yang dikonfirmasi oleh awak media ini pada Selasa (20/9/20222) pagi melalui pesan singkat Whatsapp meminta wartawan untuk menanyakan hal tersebut kepada Sekretaris Desanya.


"Saya lagi mau berangkat ke Jogja, sama Sekdes aja ya pak, hari sabtu haru pulang," balas ES.


Terpisah, Camat Patumbak Budi S Pane yang juga dikonfirmasi terkait hal itu belum memberikan jawaban. Pesan konfirmasi yang dilayangkan melalui pesan singkat Whatsapp hanya terlihat dibaca tanpa mendapat balasan. (ET)

Share:
Komentar

Berita Terkini