Apakah Parkir di Indomaret dan Alfamart Gratis? Ini Penjelasan dari Manajemen

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 09 September 2022 - 09:22
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. Berbelanja di minimarket kerap kali menjadi pilihan. Indomaret dan Alfamart adalah dua ritel modern yang kerap menjadi jujugan ketika membeli kebutuhan rumah tangga.

Mediaapakabar.com
Berbelanja di minimarket kerap kali menjadi pilihan. Indomaret dan Alfamart adalah dua ritel modern yang kerap menjadi jujugan ketika membeli kebutuhan rumah tangga.

Selain karena bisa mengambil sendiri barang-barang yang diperlukan, tidak adanya tarif parkir juga menjadi pertimbangan lain. Di dua minimarket ini parkir kendaraan tidak dipungut biaya alias gratis.


Aturan ini ditegaskan oleh manajemen masing-masing minimarket. Dengan demikian, jika ada pungutan parkir di dua minimarket tersebut, pelanggan tidak perlu membayarnya.


Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman menjelaskan bahwa konsumen Alfamart yang menggunakan kendaraan bermotor saat berbelanja di toko, pada dasarnya tidak perlu membayar parkir.


Sistem ini sebagai salah satu layanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen. Petugas parkir tidak diperlukan asalkan pengunjung mengunci kendaraannya dengan benar. Alfamart juga mengaktifkan CCTV di tempat parkir tersebut. 


Pembayaran parkir hanya berlaku jika toko Alfamart berada di dalam apartemen atau kompleks perkantoran yang sudah mengatur sistem parkir.


Jika demikian, maka pengunjung wajib membayar parkir sesuai yang ditentukan oleh pengelola gedung. Namun, uang parkirnya menjadi hak milik gedung, bukan Alfamart.


Menganut prinsip yang sama, Indomaret juga tak memungut tarif parkir bagi pengunjungnya. Manajemen Indomaret menyebutkan bahwa parkir yang luas dan nyaman adalah bagian dari layanan pelanggan. 


Parkir Liar Minimarket


Masyarakat perlu waspada jika juru parkir meminta uang kepada pelanggan dua minimarket tersebut. Belakangan kasus juru parkir liar memungut bayaran hingga Rp15.000 di wilayah Kemang viral di media sosial.


Seorang warga mengungkapkan kekesalannya setelah dipungut biaya tinggi untuk memarkir kendaraan roda empatnya di kawasan Indomaret, Kemang, Jakarta Selatan. Dia mengaku ditagih 15.000 rupiah oleh petugas parkir.


Cerita itu diungkap pada awal Agustus 2022 oleh pemilik akun TikTok @Santi_Salwa83. Video yang dibuatnya itu diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdrjkt.


Tangkapan layar video menunjukkan pernyataan dari warga. Pertama dia bilang kalau dia parkir di Indomaret Kemang. Begitu dia membuka pintu mobilnya, petugas parkir langsung menghampirinya dan mengawasi tempat itu.


"Pas gue baru buka mobil, si tukang parkir bilang, 'mba bayar dulu'," cerita warga tersebut dilansir dari suara.com.


Ia sempat bingung lantaran diminta untuk membayar parkir meskipun baru saja tiba di halaman parkir Indomaret. Kemudian warga tersebut bertanya kepada tukang parkir perihal besaran tarif parkir yang harus ia bayar.


Jawaban dari tukang parkir itu sempat membuat dirinya kaget. "Berapa? (tanya wanita itu), '15 ribu' (jawab tukang parkir)," katanya. Warga itu sontak kebingungan dengan tarif parkir yang dipatok si tukang parkir. (SC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini