Anggota DPRD Harap Pemko Medan Terus Tingkatkan Pelayanan Kebersihan Sampah

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 24 September 2022 - 11:48
kali dibaca
Ket Foto : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, D. Edy Eka Suranta S. Meliala berharap Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) terus meningkatkan pelayanan kebersihan sampah di kota Medan. 

Mediaapakabar.com
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, D. Edy Eka Suranta S. Meliala berharap Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) terus meningkatkan pelayanan kebersihan sampah di kota Medan. 

Menurut politisi dari Partai Gerindra Kota Medan yang saat ini duduk di komisi I, bahwa sampah masih menjadi salah satu permasalahan pokok di kota Medan, sehingga mulai dari kepala lingkungan, kelurahan dan kecamatan harus terus mensosialisasikan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.


"Terutama tidak membuang sampah di parit, sungai ataupun di tanah kosong yang bukan tempat pembuangan sampah resmi. Selain itu, kita juga berharap petugas kebersihan sampah supaya rutin memungut sampah-sampah warga sehingga tidak menimbulkan keresahan," ujar Dico sapaan akrab anggota legislatif asal dapil 5 kota Medan ini, Sabtu (24/9/2022).


Diakui Dico, saat ini Pemko Medan masih memiliki keterbatasan terkait sarana pembuangan sampah di beberapa kecamatan, namun ada program bank sampah yang diharapkan dapat mengurai sampah sehingga dapat menjadi penambahan ekonomi masyarakat.


"Sebab, tidak semua sampah itu tidak berguna, ada jenis sampah yang dapat dijual dan di daur ulang kembali. Sampah dapat juga dipilah sebelum dibuang ke tempat  sampah dan dapat dijual kembali atau dibawa ke bank sampah," tutur nya sembari menjelaskan sudah ada Perda No.6 tahun 2015 Tentang Pengolahan Sampah.


Edy Eka Suranta berharap juga agar pemko Medan menambah armada pengangkutan sampah yang ada di kelurahan dan kecamatan sehingga sampah dapat terlayani di tengah masyarakat. 


Selain itu, sambung Edy Suranta lagi agar kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terus digalakkan.


"Saya yakin jika kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan sarana prasarana kebersihan sampah tersedia dengan baik, maka permasalahan sampah terutama di kota besar khususnya kota Medan akan dapat teratasi," pungkasnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini