8 Makanan Pembersih Usus, Bikin BAB Semakin Lancar

REDAKSI
Kamis, 22 September 2022 - 08:17
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. 

Mediaapakabar.com
Usus manusia merupakan rumah bagi lebih dari 100 triliun mikroorganisme yang berasal dari makanan dan gabungan dari bakteri baik dan jahat. 

Jika jumlah bakteri jahat pada tubuh lebih banyak dan tidak seimbang dengan bakteri baik, tubuh akan mengalami penyakit berbahaya, infeksi dan gangguan fungsi tubuh.


Selain itu, usus memiliki peran penting dalam menjaga sistem pencernaan dengan mengatur tekanan darah dan menjaga jantung. 


Oleh sebab itu, setiap manusia bisa melakukan pembersihan usus dengan mengonsumsi makanan yang bisa mendetoksifikasi dan menaikkan metabolisme tubuh secara alami


Ini 8 makanan pembersih usus seperti dilansir dari detikcom, Rabu, 22 September 2022.


1. Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dicerna melalui mulut. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik dapat mengusir bakteri jahat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh di daerah pencernaan.


Selain itu, pada jenis tertentu, bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak vitamin B. Contoh dari jenis makanan ini adalah yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.


2. Chia Seed atau Biji Chia

Biji Chia mampu membersihkan usus. Hal ini terjadi karena Biji Chia mang andung asam lemak omega 3 sehingga membantu membersihkan usus dan bagus untuk mereka yang rentan terkena sembelit.


3. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang kaya akan sumber lemak dan dapat larut dalam usus. Hal tersebut membuat buah ini baik untuk mempermudah kan pergerakan usus dan menjaga usus besar (kolon) agar tetap bersih.


4. Lidah Buaya

Tidak hanya bermanfaat untuk rambut dan kulit, tanaman yang tumbuh subur di negara tropis ini juga bisa mendetoksifikasi usus dari racun. Hal ini terjadi karena adanya kandungan antioksidan dalam lidah buaya.


5. Lemon

Buah ini menjadi salah satu sumber vitamin C dan mengandung antioksidan sehingga bisa dijadikan cara untuk detoks alami tubuh. Jus lemas dipercaya bisa menyembuhkan peradangan dan membersihkan usus besar.


6. Makanan Berserat

Dikutip dari laman Makeupandbeauty, serat merupakan kategori nutrisi yang tidak terurai menjadi molekul gula dan bermanfaat sebagai bahan bakar bagi bakteri baik di usus.


Bakteri baik yang ada di usus memiliki peran penting dalam penyerapan nutrisi dan vitamin ke dalam tubuh.


7. Apel

Buah yang mudah ditemukan ini mengandung enzim yang disebut pektin. Enzim ini berguna untuk menghilangkan racun di usus besar dan memperkuat lapisan di dalam usus sehingga menjaga kebersihan usus dan jaringan lainnya. 


Tidak heran, banyak orang yang merekomendasikan buah ini sebagai obat alami sembelit.


8. Biji Labu

Biji labu bisa digunakan untuk membersihkan cacing di usus. Tak hanya itu, biji labu memiliki serat dan lemak sehat sehingga bisa membantu usus besar agar tetap sehat tanpa mengganggu flora mikroba dalam usus.


Perlu diingat, konsumsi 8 makanan di atas tidak cukup sehingga harus diseimbangkan dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini