5 Tentara Suriah Tewas dalam Serangan Israel di Damaskus

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 17 September 2022 - 09:47
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. (INT)

Mediaapakabar.com
Israel kembali melancarkan serangan udara ke wilayah Suriah. Kali ini, serangan udara Israel di dekat bandara Damaskus menewaskan lima tentara Suriah pada Sabtu (17/9/2022).

"Agresi itu menyebabkan kematian lima tentara dan beberapa kerusakan material," kata kantor berita resmi Suriah, SANA mengutip sumber militer.


Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (17/9/2022), SANA melaporkan, serangan yang dilakukan sekitar pukul 00:45 waktu setempat itu berasal "dari arah timur laut Danau Tiberias, menargetkan bandara Damaskus dan beberapa titik di selatan Damaskus."


Kelompok pemantau perang Suriah, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengkonfirmasi bahwa serangan itu menewaskan lima tentara Suriah, dan mengatakan dua petempur yang didukung Iran juga tewas.


Observatorium, yang mengandalkan jaringan luas sumber-sumber di dalam Suriah, mengatakan Israel menargetkan situs-situs di mana kelompok-kelompok yang didukung Iran ditempatkan di dekat bandara Damaskus dan di pedesaan Damaskus.


Sebelumnya, serangan-serangan rudal Israel di pedesaan sekitar ibu kota Damaskus dan selatan pesisir provinsi Tartus juga menewaskan tiga tentara Suriah bulan lalu.


Pada bulan Juni, serangan udara Israel membuat bandara Damaskus mengalami kerusakan sehingga tidak beroperasi selama hampir dua minggu.


Dalam sebulan terakhir, serangan udara Israel juga telah dua kali menargetkan bandara Aleppo.


Kelompok Observatorium mengatakan pada saat itu bahwa serangan itu menargetkan depot senjata milik milisi yang didukung Iran.


Sejak perang saudara meletus di Suriah pada 2011, Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap tetangga utaranya itu, menargetkan pasukan pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan para gerilyawan Hizbullah.


Sementara Israel jarang mengomentari tiap serangan tersebut, mereka mengakui telah melancarkan ratusan serangan ke Suriah. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini