Pangdam I/BB: Islam itu Agama Yang Mengajarkan Kelembutan & Disiplin

Media Apa Kabar
Minggu, 14 Agustus 2022 - 21:34
kali dibaca
Foto: Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, MSi saat memberikan sambutannya, usai kegiatan Shalat Subuh Berjama'ah di Masjid Al-Ikhlas, Jln. Bandar Labuhan, Dusun III, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang, Minggu (14/08/2022). 

Mediaapakabar.com
- Islam adalah agama yang mengajarkan kelembutan sekaligus kedisiplinan, dalam melaksanakan sholat lima waktu dan modal dasar kita dalam beraktivitas setiap hari, Inilah merupakan sifat seorang muslim yang beriman dan bertakwa. 

Hal ini disampaikan Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE, MSi saat memberikan sambutannya, usai kegiatan Shalat Subuh Berjama'ah di Masjid Al-Ikhlas, Jln. Bandar Labuhan, Dusun III, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang, Minggu (14/08/2022). 

Dalam ajaran Islam, Al Qur'an dan hadist, yang memerintahkan kita untuk disiplin dalam arti ketaatan pada peraturan yang telah ditetapkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam QS. Al-'Asr 103: Ayat 1-3 yakni

"wal-'ashr", "innal-ingsaana lafii khusr", "illallaziina aamanuu wa'amilush-shoolihaati wa tawaashou  bil-haqqi wa tawaashou bish-shobr". Artinya, "Demi masa.", "Sungguh, manusia berada dalam kerugian,", "kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran."

Menurut Pangdam bahwa Islam mengajarkan kita agar benar-benar memperhatikan dan mengaplikasikan nilai-nilai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari untuk membangun kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik terutama sesuai ajaran Islam.

Di samping, arti taat dan patuh pada peraturan, disiplin juga mengandung arti kepatuhan kepada perintah pemimpin, perhatian dan kontrol yang kuat terhadap penggunaan waktu, tanggung jawab atas tugas yang sedang diamanahkan, serta kesungguhan terhadap bidang keahlian yang ditekuni, jelas Pangdam. 

Seperti kisah, Amr bin Ash, salah satu panglima perang terkenal di zaman Rasulullah yang selalu memiliki strategi sebelum berperang, ia tercatat orang yang berhasil membebaskan Mesir dan menundukkan pasukan mesir tanpa adanya pertumpahan darah. 

Untuk itu, Pangdam juga mengajak kepada umat Islam agar mengajak anak-anak sejak dini ke masjid, agar ke depan bisa membentuk menjadi generasi muda yang berakal dan berbudi luhur sesuai tuntunan agama Islam. 

"Masjid juga dapat menjadi sebagai pusat pendidikan, dimana kita tanamkan akhlak Rasulullah yaitu Akhlakul Karimah. Kalau ada masalah kita mari kita cari solusi terbaik di masjid ini. Mari wujudkan Islam yang cinta damai dan 'Rahmatan Lil alamin'," Pungkas Pangdam. 

Dalam kegiatan tersebut, diisi juga Tausiah Ustadz H. Akhiruddin, Lc dan Ustadz H. Marsi. Turut hadir, Kabintaljarahdam I/BB Kolonel Arh. Toto Raharjo, Kabasarnas Sumut Budiono, Koordinator Safari Subuh Arafah Sumut M. Ikbal Parinduri, BKM masjid Al Ikhlas Tj Morawa, H. Nur Abu bakar, AKP. Arifin, Prof. Irwandi, H. Azwir, H. Adi Saputra, anggota DPRD Kab. Madina Sobirin Lubis, Camat Tamora, Kapolsek Tamora, Danramil Tamora, para Tim Safari Subuh Arafah Sumut dan Tim perwakilan SSAS Aceh - Binjai lainnya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini