Trafo Listrik Terbakar, Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan Nyaris Dilalap si Jago Merah

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 02 Agustus 2022 - 03:03
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Trafo listrik yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan, Senin (01/08/2022) terbakar. Beruntung, percikan api dari trafo listrik tersebut berhasil dipadamkan.

Humas Lapas Kelas I Medan Raymond Rumahorbo ketika dikonfirmasi terkait kebakaran tersebut mengaku sempat terjadi korsleting listrik yang menimbulkan api di area lapas.


"Terima kasih atas atensinya, tadi terjadi korsleting listrik yang menimbulkan api," katanya.


Ia menuturkan saat ini, keadaan api sudah padam dan pihak PLN sudah turun melakukan perbaikan.


"Keadaan sekarang api sudah padam dan sedang perbaikan jaringan listrik oleh PLN dan Tim Damkar Pemko Medan masih stand by di Lapas," katanya.


Saat ditanya apakah lokasi kebakaran berada di sel Warga Binaan, Raymond mengatakan titik api berada di luar kamar. "Bukan, titik api di kabel luar sebelum masuk kamar, mohon doa agar kerusakan segera teratasi," sebutnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (P2K) Albon Sidauruk mengatakan informasi kebakaran didapati pihaknya sekitar pukul 22.00 WIB lewat.


"Jadi saat itu kamu menurunkan tiga armada Damkar untuk memadamkan api di lokasi kejadian. Setibanya di Lapas Tanjung Gusta memang terlihat ada kobaran api," kata Albon, Senin (1/8/2022).


Ia mengatakan tidak sampai setengah jam api pun dapat dipadamkan dengan air. Objek yang terbakar adalah trafo listrik yang ada di Lapas Tanjung Gusta. Diketahui, trafo itu tidak melekat di dinding ruangan atau bangunan lapas.


"Sehingga tidak ada ruangan atau bangunan yang terbakar. Paling hanya trafo itu saja. Makanya bisa dipadamkan dengan cepat," sebutnya sembari mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Bahkan yang mengalami luka-luka juga tidak ada. Kini pihaknya pun telah balik kanan dari lokasi kejadian. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini