Dicopot dari Karo Provos Divpropam Polri, Berikut Profil Brigjen Benny Ali

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:47
kali dibaca
Ket Foto : Brigjen Benny Ali dicopot dari Kepala Biro (Karo) Provos Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri buntut kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Saat ini ia dimutasi menjadi perwira tinggi (pati) Pelayanan Markas (Yanma) Polri.

Mediaapakabar.com
Brigjen Benny Ali dicopot dari Kepala Biro (Karo) Provos Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri buntut kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Saat ini ia dimutasi menjadi perwira tinggi (pati) Pelayanan Markas (Yanma) Polri.

Peran Brigjen Benny Ali sempat disinggung pengacara keluarga Brigadir J, Kamarudin. Ia diketahui memaksa adik dari Brigadir J, Bripda LL, untuk menandatangani surat persetujuan permohonan autopsi.


Kamarudin menuturkan, Bripda LL mau menandatangani surat tersebut karena arahan langsung dari atasan yang berpangkat Brigadir Jenderal alias bintang satu. 


Selain itu, belakangan diketahui bahwa autopsi itu menyalahi prosedur karena telah dilakukan sebelum surat tersebut ditandatangani oleh keluarga.


Siapa Brigadir Benny Ali?


Brigadir Benny Ali lahir pada 27 September 1968 di Tanjung Karang, Bandar Lampung. Ia merupakan jebolan Akademi Polisi 1991 dan berpengalaman di bidang lalu lintas (lantas).


Ia sempat mengisi beberapa jabatan di berbagai daerah. Awal mula karirnya ditempuh sebagai Kapolres Way Kanan, Polda Lampung.


Selain itu juga di Satlantas dengan menjabat sebagai Wadirlantas Polda Lampung pada 2010. Sebelum jabatannya dicopot, ia menduduki jabatan Kabag Yanduan Divpropam Polri pada tahun 2020.


Pada 2015, ia juga mengisi waktunya sebagai Dosen Utama STIK Lemdikpol. Baru akhir 2021, tepatnya sejak 25 Agustus, ia diamanahi menduduki jabatan Karo Provos Divpropam Polri.


Namun, jabatannya mesti turun ketika dirinya terseret kasus pembunuhan Brigadir J. Ia pun terlempar atau dimutasi menjadi perwira tinggi (pati) Pelayanan Markas (Yanma) Polri.


Yanma Polri merupakan tempat mutasi para polisi berkasus serta memiliki tugas untuk menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pelayanan umum dan urusan dalam di lingkungan Mabes Polri. (TC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini