Survei LSI: Kinerja Kejaksaan Makin Dipercaya Masyarakat

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 24 Juli 2022 - 22:11
kali dibaca
Ket Foto : Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Korp Adhyaksa semakin menunjukkan tren positif. Hal itu terlihat dari hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) dengan kepercayaan publik terhadap kejaksaan mencapai 70 persen.

Mediaapakabar.com
Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Korp Adhyaksa semakin menunjukkan tren positif. Hal itu terlihat dari hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) dengan kepercayaan publik terhadap kejaksaan mencapai 70 persen.

Capaian tersebut menempatkan kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum mengalami kenaikan signifikan terkait tingkat kepercayaan publik dibandingkan lembaga lainnya, seperti Pengadilan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 


Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, kepercayaan publik pada kejaksaan pada survei Mei 2022 berada pada angka 64 persen dan sekarang meningkat cukup signifikan menjadi 70 persen.


“Dibanding temuan sebelumnya, kepercayaan terhadap kejaksaan dan pengadilan cenderung meningkat, sementara Polri stagnan dan KPK sedikit menurun,” kata Djayadi saat rilis hasil survei bertajuk Persepsi Publik Terhadap Penegakan Hukum, Tugas Lembaga-Lembaga Hukum, dan Isu-Isu Ekonomi, Minggu (24/7/2022).


Survei turut memotret beberapa alasan mengenai tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan. Menurut Djayadi, 66 persen masyarakat menilai kejaksaan berhasil menjebloskan koruptor ke pengadilan. 


Lalu, ada 61 persen masyarakat yang menilai kejaksaan mampu membuktikan seseorang melakukan tindak pidana korupsi di pengadilan.


“Ada juga masyarakat yang mengapresiasi kemandirian atau netralitas jaksa dari suap atau tekanan dari kelompok masyarakat, termasuk pengusaha,” ungkap Djayadi.


Pada survei Mei 2022, tingkat kepercayaan publik pada pengadilan mencapai 60 persen dan sekarang 62 persen. Kepercayaan kepada kepolisian stagnan pada angka 72 persen. Tingkat kepercayaan kepada KPK justru mengalami penurunan dari angka 66 persen pada Mei 2022 dan sekarang 63 persen.


Survei LSI dilakukan pada 27 Juni-5 Juli 2022 dengan wawancara melalui telepon. Populasi survei ini sebanyak 1.206 responden yang merupakan warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon.


Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing atau teknik memilih sampel melalui proses panggilan nomor telepon secara acak. Angka margin of error survei diperkirakan ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini