Sinergitas Pemkab Taput dan Kodim 0210/TU Penanaman Kentang dan Jagung Organik

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 27 Juli 2022 - 11:33
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan bersama Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra didampingi Forkopimda, Kadis Pertanian Sey Pasaribu, beberapa pimpinan OPD, PPL Pertanian Kecamatan Sipoholon, Camat Sipoholon dan para kepala desa melaksanakan uji coba penanaman kentang dan jagung organik lahan Demplot Kodim 0210/TU wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Lahan Demplot Kodim 0210/TU Desa Silangkitang Kecamatan Sipoholon, Selasa (26/07/2022).

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan bersama Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra didampingi Forkopimda, Kadis Pertanian Sey Pasaribu, beberapa pimpinan OPD, PPL Pertanian Kecamatan Sipoholon, Camat Sipoholon dan para kepala desa melaksanakan uji coba penanaman kentang dan jagung organik lahan Demplot Kodim 0210/TU wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Lahan Demplot Kodim 0210/TU Desa Silangkitang Kecamatan Sipoholon, Selasa (26/07/2022).

Di kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan menyampai sambutannya. Beliau menyampaikan agar Forkopimda khususnya TNI bahu membahu mewujudkan kepentingan masyarakat khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara. 


"Kita harus berdaulat di Bidang pangan menjadi lumbung pangan. Sejauh ini di Tapanuli Utara sudah berjalan program pengolahan lahan gratis masyarakat dan sejak tahun 2015 sudah berhasil dikelola kurang lebih 1700 hektar," ujar Bupati mengawali. 


Ia berharap kepada seluruh masyarakat agar jangan bergantung kepada pupuk kimia marilah kita kembali ke bahan alam. Dan harus kembali digalakkan melalui Dinas Pertanian dan Ketenagakerjaan dengan pelatihan pembuatan Pupuk organik kepada masyarakat. 


"Pupuk saat ini sudah jadi langka dan mahal. Pupuk Kimia banyak menyebabkan hama penyakit bagi tanaman, dengan pupuk organik bisa mengurangi hama penyakit. Mari dihidupkan lagi Tim Percepatan pembangunan Tapanuli Utara," katanya.


Pada kesempatan itu, Bupati sangat mengapresiasi pak Dandim dan seluruh jajaran yang sudah menginisiasi pupuk organik. 


"Ini merupakan langkah yang sangat positif dalam membangun dan juga mengurangi beban pemerintah dan masyarakat, untuk itu pak Dandim, harus kita buat ini secara massive, kita bisa buat di Balai Latihan Kerja Silangkitang. Terima Kasih pak Dandim untuk acara ini, kiranya terus berkesinambungan, dan kita harap TNI bisa selalu mendukung program kita menjadi lumbung pangan," pungkasnya.


Di kesempatan sebelumnya, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah perintah dari Kasat untuk melaksanakan kegiatan ketahanan pangan, dan atas seizin pak Bupati Tapanuli Utara Kodim 0210/TU bersinergi dengan Pemda Taput  melalui Kepala Dinas Pertanian untuk bantuan alat Pertanian. 


"Kami juga mencoba mencari solusi yang diharapkan bisa jadi sumbangsih TNI kepada masyarakat Tapanuli Utara kita buat Pupuk Organik Cair. Bahan bakunya murni semua ada di Kabupaten Tapanuli Utara," katanya.


Ia mengatakan ada sisa-sisa panen Desa Sipahutar, difermentasi kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan, lalu kami campur dengan air cucian beras, kemudian sisa sampah sayuran kami jadikan satu dalam tabung tertutup. 


"Ini murni buatan kita sendiri didampingi PPL dan konsultan pertanian pak Simson Sipahutar yang sudah menekuni budidaya kentang," ujarnya.


Ia berharap dengan penanaman kentang dan jagung organik ini maka cost produksi pertanian masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara tidak lagi tergantung dengan pupuk kimia. 


"Mudah-mudahan hari ini  menjadi tonggak atau titik start kita mulai melakukan penanaman dengan cara organik dengan cara yang kita produksi sendiri sehingga efek ekonomi yang baik bisa dirasakan langsung oleh petani khususnya di Tapanuli Utara," kata dia.


Dan lahan ini juga, sambungnya, penangkaran kentang yang menghasilkan benih bersertifikat didampingi langsung penangkar kentang tani Moratua Tapanuli Utara dan diawasi  Balai Pengawasan Benih Bersertifikat Provsu .


"Kami siap mendukung pak Bupati untuk menggalakkan lagi pertanian organik," ungkap Dandim O210/TU.


Adapun luas lahan Demplot Kodim 0210/TU uji coba penanaman kentang dan jagung organik tersebut adalah 1,5 Ha. 


Turut hadir Perusda Pertanian Jan Piter Lumbantoruan, Konsultan Pertanian Tani Moratua Simson Sipahutar,Kepala Cabang BRI Tarutung Hendro, Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kecamatan Sipoholon. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini