Serius Benahi Medan Utara, Bobby Nasution Survei Rumah Apung ke Kota Tanjung Pinang

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 24 Juli 2022 - 12:35
kali dibaca
Ket Foto : Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ogah main-main dalam membenahi kawasan Medan Utara. Terkhusus Kecamatan Belawan, Bobby tak hanya ingin sekadar memberikan bantuan namun ingin mulai membangun fasilitas mumpuni di sana.

Mediaapakabar.com
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ogah main-main dalam membenahi kawasan Medan Utara. Terkhusus Kecamatan Belawan, Bobby tak hanya ingin sekadar memberikan bantuan namun ingin mulai membangun fasilitas mumpuni di sana.

Ya, Bobby telah mencanangkan pembangunan besar di Belawan. Pertama, rumah-rumah warga ingin dibangun dengan konsep apung atau rumah bergaya panggung agar tak mudah tergenang jika datang banjir rob. 


Kedua, Menantu Presiden Jokowi itu telah mencanangkan pembangunan tanggul rob yang berfungsi menangkal genangan akibat banjir yang kerap menghantui warga Belawan tersebut.


Untuk itulah, Bobby merasa perlu melihat kepada kota-kota yang telah berhasil menerapkan pembangunan di kawasan yang berdekatan dengan laut. Kota Tanjung Pinang di Kepulauan Riau menjadi destinasi survei penerapan rumah apung oleh alumni S2 IPB itu.


Tak datang sendiri, awal pekan lalu Bobby datang ke Tanjung Pinang membawa OPD dan Forkopimda. Selain membawa dinas terkait seperti tata ruang dan PU, Bobby turut membawa Dandim Medan, Kapolres Belawan hingga Wakapolrestabes Medan.


"Banyak yang kita dapati di Kota Tanjung Pinang ini, salah satunya Infrastruktur jalan yang baik. Karena membawa Kadis PU Kota Medan, mudah-mudahan jalanan Kota Medan sesuai dengan target kita dua tahun dapat mulusnya sama dengan mulusnya jalan di Kota Tanjung Pinang ini," kata Bobby.


Yang utama adalah, bagaimana konsep penataan kawasan kumuh di Kota Medan bisa teratasi dengan mencontoh yang sudah dilakukan di Tanjung Pinang. Wali Kota Tanjung Pinang Hj Rahma pun mendampingi langsung Bobby dan rombongan selama berkunjung ke beberapa destinasi di sana.


"Kami hadir di sini ingin melihat langsung penataan kawasan kumuh di Kampung Bugis dan senggarang lewat pembangunan rumah apung yang turut menjadi pemenanganan persoalan banjir rob," tambah suami Kahiyang Ayu itu.


Kata Bobby, dalam membangun Medan Utara terkhusus Belawan, pihaknya juga terbantu Kementerian PUPR.  


"Kami turut diringankan pekerjaanya dengan dibantu Kementerian PUPR terkait penataan kawasan kumuh. Jadi tugas kami lebih sedikit dengan hanya membantu membangun rumah apung dan mengatasi penanganan banjir rob. Ini merupakan salah satu upaya kami dalam mengatasi permasalahan kemiskinan di Belawan, gak cocok kalau cuman bantuan saja namun juga harus suistinable lewat pembangunan Medan bagian Utara sehingga perekonomian di Belawan turut meningkat," pungkas Bobby.


Wali Kota Rahma pun mengaku bahagia menerima kunjungan Bobby Nasution. Kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kota Gurindam dikunjungi menantu Presiden Joko Widodo.


"Saya ucapkan ribuan terima kasih pak Wali atas kunjungan silaturahmi ini, mudah-mudahan ini membawa keberkahan buat kami," ujar Rahma.



Diketahui, dalam kunjungan ke Tanjungpinang, Bobby Nasution bersama rombongan melakukan peninjauan di beberapa lokasi di Tanjungpinang diantaranya jembatan pelangi Kampung Bugis, Vihara Sun Te Kong Senggarang, dan city tour ke pulau Penyengat. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini