Sapi Kurban Nomor 024 Anies Baswedan Jadi Sorotan, Ini Kata Pengamat Politik

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 11 Juli 2022 - 09:50
kali dibaca
Ket Foto : Sapi Kurban Nomor 024 Anies Baswedan Jadi Sorotan, Pengamat Politik Bicara Makna Angka Hingga Warna. (Kompas.com)

Mediaapakabar.com
Sapi kurban bernomor 024 yang diserahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu (10/7/2022) menjadi sorotan.

Sebab, nomor yang tertulis di badan sapi berjenis limosin tersebut banyak yang menilai terkait dengan Pilpres 2024.


Diketahui, Anies Baswedan menjalani shalat Idul Adha di JIS. Mengenakan jas hitam dan sarung biru, Anies Baswedan tiba sekira pukul 06.11 WIB, Minggu (10/7/2022). 


Bertindak selaku khatib dalam salat Idul Adha tersebut KH Syukron Makmun dan imam shalat KH Muhammad Ali.


Kedatangan Anies Baswedan ke JIS disambut antusias masyarakat. Tak sedikit masyarakat mendekat untuk mengambil swafoto bersama atau mengajak Anies Baswedan berjabat tangan.


Setelah menjalankan shalat Idul Adha, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu kemudian menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada panitia kurban di JIS.


Anies Baswedan menyerahkan hewan kurban sapi jenis limosin seberat 1,2 ton kepada panitia. Di badan sapi limosin yang diserahkan Anies tertulis jelas nomor 024 berwarna putih. Sapi tersebut memiliki warna dominan coklat di bagian badan dan putih di kepala.


"Izinkan dalam pagi hari ini kami menyerahkan hewan kurban seekor sapi seberat 1,2 ton yang telah diperiksa Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Pertanian, yang dinyatakan sehat," kata Anies saat menyerahkan sapinya dilansir dari tribunnews.com.


Ia berharap kurban itu dapat diterima dan dilipatgandakan pahalanya. "Insya Allah kurban ini diterima dan dilipatgandakan pahalanya bagi kita semua," ujar Anies lalu dijawab amin oleh ribuan jamaah.


Anies pun menolak saat dimintai keterangannya terkait nomor 024 di sapi yang diserahkannya.


Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan jika nomor sapi tidak dikaitkan dengan politik, khususnya Pilpres 2024.


"Ah enggak pake nomor-nomor," kata Riza kepada wartawan seusai Salat Iduladha di JIS.


Ternyata pada 2019, Anies pun menyerahkan seekor sapi bertuliskan angka 024.


Saat itu, Anies menyerahkan hewan kurban sapi limosin berwarna coklat putih berbobot 1,2 ton di halaman Masjid Fatahillah, Balai Kota, Jakarta pusat.


Makna 024 menurut pengamat politik


Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan sapi pemberian Anies itu penuh dengan makna apabila dikaitkan dengan pemilihan presiden 2024.


"Warna hitam maknanya bisa saja Anies menjadi kuda hitam di Pilpres 2024 nanti," kata Pangi.


Anies merupakan salah satu tokoh yang digadang-gadang menjadi calon presiden di 2024.


Beberapa lembaga survei menempatkan elektabilitas Anies di urutan nomor 3 di bawah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.


Selain menjadi kuda hitam, Pangi mengatakan bobot sapi yang seberat 1,2 ton mengisyaratkan Anies tak mau kalah dengan Presiden Jokowi dari segi pengorbanan.


Jokowi diketahui berkurban sapi dengan bobot 1,1 ton. "Biasanya yang berton-ton itu kan presiden," kata Pangi.


Sementara itu pengamat politik dari UIN Jakarta Ujang Komaruddin mengatakan mungkin saja itu nomor yang tertera di sapi Anies merupakan jumlah hewan yang dikurbankan Anies tahun ini.


“Atau 024 itu bisa jadi nomor keberuntungan, kaya Jokowi keberuntungannya hari Rabu," kata Ujang.


Adapun Ketua KAHMI DKI Jakarta Mohammad Taufik yang juga bekas politikus Gerindra cenderung optimistis dengan kans Anies sebagai capres di 2024.


"Soal sapi hitam 024 itu hanya kebetulan saja. Tapi tahun itu mudah-mudahan tahun sukses dia," pungkasnya. (TNC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini