Sambut Idul Adha, Ratusan Warga Medan Ikut Pawai Obor

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 09 Juli 2022 - 23:46
kali dibaca
Ket Foto : Peserta pawai obor di Kota Medan. (detikSumut)

Mediaapakabar.com
Ratusan warga di Kota Medan melakukan pawai obor keliling. Warga yang merupakan sebagian besar anak muda tersebut, merupakan remaja masjid Al-ikhlas, Kelurahan Sari Rejo.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al-Ikhlas, Imam Maulana Munandar, mengatakan pawai obor tersebut untuk menyolidkan umat Islam, khususnya mereka yang ada di masjid Al-ikhlas. Apalagi pawai obor sudah dua tahun tidak dilaksanakan akibat COVID-19.


"Solidaritas umat Islam, selama ini, dua tahun ini, telah vakum akibat COVID-19, untuk mensyiarkan Islam kembali," kata Imam Maulana Munandar dilansir dari detikSumut, Sabtu (9/7/2022).


Pawai yang dilakukan atas nama remaja dan BKM Al-ikhlas tersebut dilakukan selepas shalat Isya. Imam menyebutkan, mereka memilih rute yang memutar di sekitar wilayah Medan Polonia, mulai dari titik awal masjid Al-ikhlas di Jalan Sejati, hingga balik ke titik awal lagi.


"Tadi rutenya dari sini ke sejati, terus ke cinta karya, terus muter ke mawar, sampai kembali lagi ke sini," sebutnya.


Pawai tersebut diikuti sekitar 400 warga, yang didominasi oleh anak muda. Dalam pawai tersebut, ada 300 obor yang disiapkan oleh panitia.


"Kurang lebih 300 obor, terus ada sekitar 400 orang ada ya, soalnya tadi ada juga bapak-bapaknya," ujarnya.


Setelah selesai pawai, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan acara doorprize untuk anak-anak. Ada beragam hadiah yang disiapkan, seperti raket badminton, yang bertujuan untuk menyenangkan anak-anak sekitar.


"Doorprize itu untuk anak-anak, semacam upaya, di situ tadi ada tong sampah, kemudian gayung, tadi juga ada raket, ya untuk semangat anak-anak lah," ungkapnya.


Besok pagi kata dia, warga akan melaksanakan salat Idul Adha berjamaah di lokasi masjid Al-ikhlas tersebut. 


Seusai salat, akan ada penyembelihan 15 ekor sapi dan 7 ekor kambing. "Kalau untuk kurban ada 15 ekor sapi dan kambing tujuh ekor," tutupnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini