RB Leipzig Vs Bayern: Die Roten Rebut Piala Super Jerman 2022

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 31 Juli 2022 - 16:19
kali dibaca
Ket Foto : Bayern Munich merebut Piala Super Jerman 2022 lewat kemenangan menegangkan atas RB Leipzig 5-3. (REUTERS/ANNEGRET HILSE)

Mediaapakabar.com
Delapan gol tercipta dalam laga Piala Super Jerman 2022 antara RB Leipzig vs Bayern Munich. Bayern merebut trofi juara usai menang dengan skor 5-3.

Bertanding di Red Bull Arena pada Minggu (31/7/2022) dinihari WIB, Die Roten unggul tiga gol lebih dulu berkat Jamal Musiala, Sadio Mane, dan Benjamin Pavard. Leipzig melawan usai Marcel Halstenberg mencetak gol balasan di awal babak kedua.


Serge Gnabry mengembalikan gap besar di antara kedua tim. Kemudian Bayern Munich menghadapi potensi comeback RB Leipzig setelah kebobolan dua gol dari Christopher Nkunku (penalti), dan Dani Olmo. Namun, Leroy Sane menciptakan gol di detik terakhir guna memadamkan momentum lawan sekaligus memastikan Bayern Munich tampil sebagai juara Piala Super Jerman 2022.


Jalannya pertandingan


Dilansir dari detikSport, Bayern melancarkan serangan demi serangan sejak menit-menit awal. Di menit ke-14, Jamal Musiala memecah kebuntuan Bayern.

Advertisement


Diawali dari kemelut di depan gawang, Lucas Hernandez menyodorkan bola kepada Musiala. Dia kemudian diteruskan dengan tembakan yang tidak kencang namun akurat ke sudut bawah gawang Leipzig untuk mengubah skor 1-0.


Penyerang RB Leipzig Christopher Nkuku terbebas di depan lalu mengecoh Manuel Neuer sebelum menjebol gawang Bayern. Sayang sekali gol itu dianulir karena Nkuku sudah offside lebih dulu.


Pada menit ke-31, Bayern untuk menciptakan gol keduanya sekaligus mengungguli RB Leipzig 2-0. Kali ini giliran pemain baru Sadio Mane yang mengukir namanya di papan skor.


Musiala mengirim umpan terobosan akurat lalu diterima Serge Gnabry. Mane menyelesaikan umpan Gnabry dengan sontekan mudah dari depan gawang.


Bayern Munich menghabisi RB Leipzig setelah mencetak gol ketiganya sebelum turun minum. Dari sepak pojok, Musiala mengirim operan ke kotak penalti lalu diselesaikan Benjamin Pavard dengan tembakan first-time guna menembus penjagaan Gulacsi. Bayern 3, Leipzig 0.


RB Leipzig ngegas setelah restart. Dominik Szoboszlai mengirim sepak pojok lalu menemui Andre Silva yang menyambut dengan sundulan. Bola mengenai gawang Bayern.


Upaya Leipzig menipiskan ketinggalan akhirnya terwujud di menit ke-59. Kembali dari sepak pojok, Nkuku melambungkan bola ke tengah kotak penalti. Marcel Halstenberg menyundul bola tinggi-tinggi lalu bersarang di sudut atas gawang Bayern, tanpa bisa dihentikan Neuer. Leipzig 1, Bayern 3.


Hanya enam menit bagi Bayern Munich untuk mengembalikan keunggulan tiga golnya dari RB Leipzig. Gnabry menciptakan gol keempat Bayern untuk mengubah skor menjadi 4-1.


Pemain pengganti Kingsley Coman menyodorkan umpan silang kepada Thomas Muller lalu diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak penalti. Gulacsi melakukan penyelamatan, tapi bola rebound disambar Gnabry dengan tembakan ke sudut atas gawang Leipzig.


Penalti untuk RB Leipzig setelah Pavard mengganjal Dani Olmo. Nkuku maju sebagai algojo, lalu melepaskan tembakan ke sudut atas gawang Bayern sehingga kedudukan berubah 4-2 di menit ke-77.


Asa RB Leipzig hidup lagi! Pada menit ke-89, Dani Olmo mencetak gol ketiga Leipzig untuk menipiskan gap menjadi 3-4 dari Bayern Munich.


Melalui skema serangan balik cepat, Dani Olmo menguasai bola di sisi kiri kotak penalti lalu menyelesaikan dengan tembakan untuk menaklukkan Neuer.


Pada empat menit tambahan waktu, RB Leipzig semakin ngotot mencari gol tambahan. Umpan silang Halstenberg bergulir begitu saja di depan gawang Bayern, Dani Olmo gagal menjangkau bola yang berpotensi menjadi gol.


Leroy Sane memastikan kemenangan Bayern usai mengonversi serangan terakhir menjadi gol.


Davies melepaskan tendangan ke depan sehingga meloloskan Sane yang tinggal berhadapan dengan dua orang pemain lawan. Di kotak penalti Sane dengan sabar menggocek lawan sebelum menuntaskan dengan sepakan kaki kanan. Bayern unggul 5-3, sekaligus mengakhiri perlawanan Leipzig.


Susunan Pemain


RB LEIPZIG: Gulacsi, Halstenberg, Orban, Klostermann, Henrichs, Simakan (Hugo Novoa 79'), Forsberg (Andre Silva 52'), Kampl (Dani Olmo 52'), Laimer, Szobozslai (Haidara 90+1'), Nkunku


BAYERN MUNICH: Neuer, Lucas Hernandez, Pavard (Mazraoui 78'), Upamecano (De Ligt 78'), Davies, Sabitzer, Kimmich, Mueller, Mane, Musiala (Coman 60'), Gnabry (Leroy Sane 78')


(DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini