Prancis Dilanda Kebakaran Hutan Hebat, Ribuan Petugas Pemadam Dikerahkan

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 09 Juli 2022 - 12:25
kali dibaca
Ket Foto : Kebakaran hutan hebat melanda Prancis sehingga lebih dari seribu petugas pemadam kebakaran diturunkan. (iStock/Kesu01)

Mediaapakabar.com
Lebih dari seribu petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api kebakaran hutan di wilayah Gard, Prancis pada Jumat (8/7/2022). Dilaporkan bahwa sekitar 880 hektare (Ha) lahan di dua lokasi berbeda dilanda si jago merah.

Petugas setempat juga mengerahkan pesawat udara untuk menjatuhkan air ke arah kebakaran tersebut. Selama proses pemadaman, 18 petugas pemadam terluka.


Dilansir dari Associated Press, faktor cuaca di sekitar lokasi kebakaran turut menyulitkan proses pemadaman. Kekeringan, panas dan angin yang kencang membuat api terus bertahan di wilayah tersebut.


Selain itu, di sekitar Bordezac, aparat juga mengevakuasi sejumlah warga desa dan menutup jalur. Seorang pejabat tinggi di wilayah tetangga Bouches-du-Rhone, Laurent Joseph mengatakan bahwa pihak berwenang berharap dapat menangani kobaran api itu dalam beberapa hari ke depan.


Kebakaran itu mengancam wilayah pegunungan CĂ©vennes yang sebagian besar merupakan situs warisan dunia versi UNESCO. Wilayah itu melintasi sebagian besar tenggara Prancis.


Pemerintah daerah setempat pun telah melarang masyarakat untuk memasuki kawasan hutan di daerah tersebut hingga pekan depan.


"Untuk mengurangi risiko kebakaran baru," ucap keterangan sebagaimana dikutip AP, Sabtu (9/7/2022).


Layanan Meteorologi Nasional Prancis menyatakan terdapat beberapa daerah tetangga yang dikategorikan dalam status siaga merah. Hal itu berkaitan dengan risiko kebakaran.


Kementerian Lingkungan Prancis juga telah menerbitkan peringatan bagi warga di daerah tersebut untuk berhati-hati terhadap risiko kebakaran. (AFP/CNNI)

Share:
Komentar

Berita Terkini