Kolonel Cba Ganda Simanjuntak Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua PPAD Sumut 2022-2027

Media Apa Kabar
Kamis, 28 Juli 2022 - 18:50
kali dibaca
Foto: Kolonel Cba Ganda Simanjuntak, SSos, resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum PP PPAD, Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo, sebagai Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2022-2027 dalam acara yang digelar di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jln Sudirman No.41 Medan, Kamis (28/7/2022).

Mediaapakabar.com
-  Kolonel Cba Ganda Simanjuntak, SSos, resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum PP PPAD, Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo, sebagai Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2022-2027 dalam acara yang digelar di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jln Sudirman No.41 Medan, Kamis (28/7/2022).

Dalam Surat Keputusan Nomor: Skep/05/PP/PPAD/VII/2022 tentang Pengesahan Susunan Pengurus Provinsi Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat Sumatera Utara Masa Bakti 2022-2027, sejumlah pengurus PPAD Sumut juga ikut dikukuhkan.

Yakni, Wakil Ketua, Kolonel Inf (Purn) Normal Sitorus, SIP, MM, Sekretaris, Kolonel Inf (Purn) Zukhriadi, dan Bendahara, Kolonel Cku (Purn) M Siagian.

Kemudian para ketua bidang dan anggotanya, yakni Ketua Bidang Hukum, Kolonel Czi (Purn) J Siregar, Ketua Bidang Organisasi dan Hubungan Kelembagaan, Kolonel Inf (Purn) Drs Tomson Pangaribuan, Ketua Bidang Ekonomi, Kolonel Inf (Purn) Toto Budiharto, SIP, Ketua Sub Bidang Pertanian dan Peternakan, Kolonel Caj Dr Asren Nasution, MA, Ketua Sub Bidang Perkebunan, Kolonel Inf (Purn) Budi Haryanto, Ketua Sub Bidang UMKM, Letkol Cba (Purn) Bonjol Silalahi, Ketua Bidang Sosial, Kolonel Ckm (Purn) Drg Susanto, MKes, Ketua Bidang Komunikasi dan Humas, Letkol Inf Purn Yamin Sohar, dan Ketua Badan Pengawas, Kolonel Inf (Purn) RM Djuandi Mansyur. 
 
Dalam sambutannya, Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo terlebih dulu menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua dan seluruh pengurus PPAD Sumatera Utara masa bakti 2022-2027.

"Terima kasih karena sudah mengakomodir semua golongan di kepengurusan PPAD Sumut ini. Saya harapkan Ketua terpilih, Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak bisa melakukan pembinaan serta terus menjaga semangat dan kebersamaan di lingkungan internal PPAD Sumut ini," ucap Letjen TNI (Purn) Dr (HC) Doni Monardo.

Ditegaskan Letjen TNI (Purn) Dr (HCl Doni Monardo lagi, PPAD adalah lembaga independen, dan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. Karena itu, kepada pengurus PPAD Sumut diharapkan bisa melakukan terobosan dan inovasi untuk menghidupkan roda organisasi dengan cara membentuk wirausaha di kalangan anggotanya, sehingga tidak saja mampu memberi kesejahteraan, tetapi juga ikut mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan kemakmuran rakyat. 

"Terus tanamkan dan implementasikan Semangat Sisingamangaraja dalam bekerja, sehingga PPAD Sumatera Utara tidak saja memberikan kontribusi kepada upaya pemberdayaan perekonomian masyarakat, tetapi juga menciptakan peluang pengembangan pertanian yang mendukung program ketahanan pangan nasional dengan berkolaborasi kepada pemerintah dan pihak terkait lainnya," pungkas Letjen TNI (Purn) Dr HC Doni Monardo.

Sementara, Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak, juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan waktu dari Ketua Umum PP PPAD untuk mengukuhkan pengurus PPAD Sumatera Utara masa bakti 2022-2027.

"Ini momentum besar dan bersejarah. Karana sejak dibentuk, baru kali ini Ketua Umum datang dan bertemu dengan para pengurus PPAD Sumatera Utara," ucapnya. 

Sama seperti penegasan Ketua Umum PP PPAD, Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak juga memastikan bahwa organisasi yang dipimpinnya ini akan lebih mandiri dan bersih dari anasir politik. 

Bahkan Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak meyakinkan langkah konsolidasi secara internal akan terus dilakukan guna percepatan pembentukan pengurus tingkat DPC di 18 daerah yang belum terbentuk, serta mengoptimalkan kinerja guna pencapaian program kerja PPAD Sumut 2022-2027.

"PPAD Sumut siap membantu aktivitas sosial di masyarakat dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan TNI-Polri dalam rangka menjaga bentengnya NKRI, serta membangkitkan ekonomi kerakyatan dan enterpreneurship melalui pemberdayaan di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan sektor usaha mikro kecil dan menengah lainnya," pungkas Kolonel Cba (Purn) Ganda Simanjuntak.

Harapan besar akan kontribusi positif kepada PPAD Sumut untuk pembangunan bangsa dan negara ke depannya, juga disampaikan Gubsu, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi, dan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi.

Edy menegaskan, Pemprov Sumut siap mendukung program PPAD Sumut sepanjang itu untuk rakyat. "Saya siap mendukung, tapi ingat jangan jadikan PPAD ini untuk kepentingan politik. Karena bagi saya, walau pakaian kami sudah berbeda (tidak lagi Prajurit), tapi yakinlah hati kami tetap setiap membela bangsa dan negara tercinta ini. begitu juga keyakinan saya kepada seluruh pengurus PPAD Sumatera Utara yang lainnya," ucapnya.

Pangdam I/BB pun demikian. Bahkan dirinya mengaku yakin dan percaya, bahwa meskipun sudah tidak berdinas secara resmi di TNI Angkatan Darat,  semangat pengabdian para senior dan seluruh anggota PPAD tidak pernah luntur.

“Old soldiers never die, they just fade away. Artinya spirit perjuangan para purnawirawan tidak akan pernah lekang oleh waktu dan tidak akan pupus oleh gerak perubahan zaman,"

Pangdam juga menekankan pentingnya menciptakan enterpreneurship di lingkup internal PPAD Sumut, salah satunya dalam masalah mengatasi ketahanan pangan. 

"Selamat dan sukses kepada Ketua dan Pengurus PPAD Sumut. Kodam I/BB dan satuan jajarannya siap berkolaborasi untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan bangsa khususnya di wilayah Sumatera Utara," jelasnya. 

Acara pengukuhan yang berlangsung sederhana namun khidmat ini juga diwarnai dengan pemberian Ulos kepada Ketua Umum PP PPAD, serta perkenalan anggota PPAD Sumut dari tingkatan Tamtama, Bintara dan profesional (kalangan sipil). 

Hadir di acara pengukuhan, antara lain Kapoldasu (diwakili), unsur Forkopimda Sumut, para Danrem jajaran Kodam I/BB wilayah Sumut, PJU Kodam I/BB, para Abituren Akmil 1985, Keluarga Besar TNI (KBT) wilayah Sumut dan Medan, serta rektor, dan pimpinan BUMN/BUMD di Sumut lainnya. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini