Hasil Piala AFF U-19 2022: Timnas Indonesia Menang 5-1 Lawan Filipina

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 09 Juli 2022 - 01:30
kali dibaca
Ket Foto : Ket Foto : Pemain Timnas Indonesia berjalan meninggalkan lapangan usai pertandingan Piala AFF U-19 2022.


Mediaapakabar.com
Timnas Indonesia menjaga harapan untuk melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah menang besar saat melawan Filipina dalam laga lanjutan Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Duel Indonesia vs Filipina berakhir dengan skor 5-1 pada Jumat, 8 Juli 2022.

Sejak menit pertama Indonesia langsung bermain menekan ke lini pertahanan Filipina. Pelatih Shin Tae-yong yang melakukan rotasi pemain mengandalkan Rabbani Tasnim dan Nico Saputro untuk menembus pertahanan lawan.


Peluang emas pertama Timnas Indonesia datang pada menit delapan. Menerima umpan lambung dari sisi kanan lapangan, Edgard yang tak mendapat pengawalan melepaskan sundulan yang meluncur tipis di sisi gawang Filipina.


Gol yang dinanti pun datang pada menit 14. Berawal dari Subhan Fajri yang dijatuhkan di kotak penalti, Timnas Indonesia mendapatkan penalti dari wasit. 


Eksekusi yang baik ditunjukkan oleh Rabbani Tasnim untuk menaklukkan kiper Aquino Bencio. Skor 1-0 untuk Indonesia.


Filipina mencoba keluar dari tekanan namun serangan yang dibangun, salah satunya dari sektor kiri lapangan, belum membuahkan peluang. Indonesia justru bisa menambah keunggulan pada menit 27.


Bermula dari serangan balik, Rabbani yang berlari tanpa pengawalan memberikan umpan terobosan yang disambut oleh Nico dan keluar dari jebakan offside. 


Lewat tendangan kaki kirinya Nico melepaskan tendangan yang tak bisa dihalau kiper Filipina. Skor berubah 2-0 untuk tuan rumah.


Filipina bisa memperkecil ketinggalan pada menit 28 lewat aksi Justin Frias. Ia mengubah skor menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Indonesia.


Timnas Indonesia kembali mendapat penalti pada menit 41 setelah terjadi pelanggaran di sisi kanan kotak penalti. Rabbani yang lagi-lagi menjadi algojo dan sukses menjebol gawang Filipina untuk kedua kalinya. Skor 3-1 bertahan hingga babak pertama selesai.


Babak Kedua


Memasuki babak kedua, Indonesia kembali unggul pada menit 49. Rabbani kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menyelesaikan sundulan yang mengubah kedudukan menjadi 4-1. 


Namun tak lama setelah mencetak gol, Rabbani harus keluar lapangan karena mengalami cedera dan diganti oleh Razzaa Fachrezi.


Tim asuhan Shin Tae-yong tak memberi kesempatan kepada Filipina untuk berkembang. Gol tambahan terjadi lagi pada menit 70. Kali ini lewat aksi Razzaa yang mengubah skor menjadi 5-1 untuk Indonesia.


Tidak ada gol yang tercipta lagi saat wasit memberikan tambahan waktu. Skor 5-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga berakhir.


Atas hasil positif itu, posisi Timnas U-19 Indonesia kini berada di peringkat ketiga Grup A Piala AFF U-19 dengan delapan poin. Vietnam dan Thailand yang sama-sama mengemas 10 poin masing-masing mengisi peringkat pertama dan kedua di klasemen. (TC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini