Detik-detik Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Blora

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 19 Juli 2022 - 14:22
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi pesawat tempur.

Mediaapakabar.com
Pesawat tempur jenis T-50i Golden Eagle milik TNI AU jatuh di kawasan hutan Kradenan, Kabupaten Blora. Berikut kronologi penerbangan pesawat tersebut dari lepas landas, hilang kontak, hingga ada laporan jatuhnya pesawat di Blora.

Pukul 18.24 WIB


Pesawat tempur T-50i Golden Eagle take off atau lepas landas dari Lanud Iswahjudi, Senin (18/7/2022). Pesawat tersebut memang dijadwalkan terbang untuk melakulan latihan malam. Dilaporkan bahwa pada saat itu pilot masih melakukan kontak dengan flight director.


Pukul 19.25 WIB


Pesawat tempur supersonik tersebut dilaporkan hilang kontak. Kadispen TNI AU, Marsma Indan Gilang, memberikan keterangan bahwa pesawat tersebut tidak dapat dikontak lagi.


Pesawat jatuh di Blora

Pesawat tempur itu diduga jatuh di Blora. TNI AU dan tim dari Lanud Iswahjudi bergerak menuju lokasi.


"Informasi di lapangan, dari aparat kewilayahan, dan masyarakat Nginggil, kecamatan Kradenan, Blora Jawa Tengah, terkonfirmasi adanya serpihan logam, yang diduga lokasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle," ujar Indan dalam keterangannya, seperti dikutip detikNews, Senin (18/7/2022) malam.


Kepastian ada pesawat jatuh di Blora

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy membenarkan terjadinya kecelakaan pesawat di Desa Nginggil, Kradenan, Blora. Namun dia tidak bersedia memberikan pernyataan lebih lanjut dengan alasan menjadi kewenangan TNI AU.


"Saya cukup membenarkan bahwa terjadi kecelakaan pesawat tersebut. Selanjutnya, pernyataan selengkapnya akan disampaikan oleh pihak TNI AU, ujar Iqbal kepada detikJateng, Senin (18/7/2022) malam. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini