7 Universitas Paling Banyak Melahirkan Orang Kaya di Dunia dan Indonesia

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 15 Juli 2022 - 09:30
kali dibaca
Ket Foto : 7 Universitas Paling Banyak Melahirkan Orang Kaya di Dunia dan Indonesia.


Mediaapakabar.com
Terdapat tokoh dunia dan Indonesia yang menduduki daftar orang terkaya. Berada di posisi orang terkaya tentu tidak diraih secara instan. Berikut daftar universitas paling banyak melahirkan orang kaya.

Dilansir dari iNews.id, Tokoh yang masuk dalam daftar orang kaya di dunia dan Indonesia diketahui merintisnya dari nol, hingga mampu menjadi seorang miliarder. Lantas, di mana saja para orang kaya itu kuliah?


Universitas Harvard

Universitas Harvard tercatat masuk dalam kampus yang melahirkan banyak orang kaya di dunia. Universitas ini menjadi tempat bagi 29 miliarder dunia.


Total aset alumninya bisa mencapai USD207 miliar. Dari 29 miliarder tersebut, 17 miliarder diantaranya berasal dari sektor industri dan investasi, seperti saudara kembar Cameron dan Tyler Winklevoss, tokoh di balik Bitcoin.


Melansir Forbes pada Rabu (13/7/2022), Cameron dan Tyler Winklevoss mempunyai kekayaan mencapai USD3,2 miliar. Kemudian ada juga pemilik klub basket Los Angeles Clippers sekaligus mantan CEO Microsoft bernama Steve Ballmer yang memiliki kekayaan sebesar USD87,2 miliar.


Universitas Harvard didirikan pada 8 September 1636 dan termasuk dari 8 Ivy League, yakni kelompok universitas prestisius di Amerika Serikat. Awalnya universitas ini bernama New College.


Namun, ada 1639 universitas yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat ini berubah menjadi Universitas Harvard sebagai penghormatan untuk Pendeta John Harvard. Ia memberi perpustakaan pribadinya serta setengah tanah miliknya untuk Harvard pada saat itu.


Melansir laman resmi Harvard, kampus ini mempunyai 15 sekolah yang menawarkan program sarjana, pascasarjana, hingga profesional. Harvard juga dilengkapi dengan perpustakaan serta museum untuk menunjang belajar-mengajarnya.


Universitas Pennsylvania

Universitas Pennsylvania berhasil melahirkan 28 miliarder dunia. Jika di total, aset dari 28 miliarder itu mencapai USD284,8 miliar. Salah satu miliarder yang merupakan alumni Universitas Pennsylvania adalah mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.


Melansir Forbes, Donald Trump mempunyai kekayaan USD3 miliar. Selain itu, alumnus lainnya adalah Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX. itu memiliki kekayaan mencapai USD226 juta.


Universitas Pennsylvania atau yang biasa disebut Upenn didirikan pada 1740 oleh Benjamin Franklin. Upenn mempunyai beberapa fasilitas. Mulai dari perpustakaan, museum, hingga laboratorium riset. 


Universitas Stanford

Universitas Stanford mencatat 28 nama alumninya yang menjadi miliarder. Aset 28 miliarder asal Universitas Stanford ini, bila ditotal, mencapai USD124,4 miliar. Di antara alumni Universitas Stanford adalah pendiri Yahoo, Jerry Yang.


Jerry Yang diketahui menjabat sebagai CEO Yahoo dari 2007-2009. Ia pun memiliki kekayaan sebesar USD2,7 miliar.


Universitas Stanford didirikan pada 1885 oleh senator California, Leland Stanford beserta istrinya, Jane. Pasangan tersebut kehilangan putra semata wayangnya, Leland Jr, yang meninggal karena tifus pada 1884.


Mereka pun memutuskan untuk membangun sebuah universitas sebagai peringatan yang tepat baginya. Leland Stanford Junior University adalah nama resmi terdahulu universitas ini, yang dibuka pada 1 Oktober 1891. Universitas Stanford yang mempunyai 16.937 mahasiswa ini dilengkapi dengan museum, pusat atletik dan kebugaran. 


Universitas Yale 

Universitas Yale yang terletak di Amerika Serikat juga menjadi salah satu universitas pencetak miliarder di dunia. Terdapat 21 miliarder dari universitas yang berada di New Haven Connecticut ini.


Total aset alumninya jika dikumpulkan mencapai USD140,8 miliar. Salah satu miliarder alumni universitas ini adalah seorang pengusaha dan dermawan Amerika Serikat bernama Stephen Schwarzman. Schwarzman adalah ketua dan CEO The Blackstone Group dengan kekayaan mencapai USD30 miliar. 


Universitas Yale juga termasuk dalam 8 Ivy League yang didirikan pada 1701. Program akademik di universitas ini terbagi menjadi tiga, Yale College atau program sarjana, Graduate School of Arts and Sciences atau program pascasarjana, serta Professional School atau program profesional.


Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas yang melahirkan miliarder. Salah satu alumnusnya adalah orang terkaya di Indonesia, yakni R Budi Hartono.


Budi Hartono mempunyai kekayaan USD20,4 miliar. Kekayaannya didapat dari Djarum, investasi di BCA, elektronik merek Polytron, bisnis real estate di Jakarta, serta saham di startup game Razer. Diketahui, Budi Hartono menyelesaikan pendidikannya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.


Masih dari keluarga yang sama, posisi orang terkaya kedua di Indonesia adalah Michael Hartono. Michael Hartono mempunyai kekayaan USD19,6 miliar.


Ia mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari investasi di BCA. Michael Hartono juga merupakan lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro (Undip).


Kampus yang terletak di Semarang ini didirikan pada 1957. Undip mempunyai Fakultas Hukum, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Sains dan Matematika, Sekolah Vokasi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat serta sekolah pascasarjana.


Universitas Indonesia

Kemudian, kampus yang banyak juga melahirkan orang kaya di Indonesia adalah Universitas Indonesia (UI). Salah satu lulusannya adalah pengusaha dan pendiri dari CT Crop, yakni Chairul Tanjung atau yang akrab disapa CT.


Ia merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai USD6,1 miliar. Diketahui, CT adalah lulusan jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.


Kampus UI yang berada di Depok, Jawa Barat ini awalnya adalah sekolah kedokteran. Pada 1849, pemerintah Belanda membangun sekolah tinggi ilmu kesehatan.


Sebelumnya, universitas ini telah berganti-ganti nama. Hingga akhirnya pada 1950, Universiteit van Indonesia berubah nama menjadi Universitas Indonesia. Pada 2020, UI menjadi salah satu universitas yang mempunyai status Badan Hukum Milik Negara. UI mempunyai 14 fakultas, program vokasi, dan program pascasarjana. 


Institut Teknologi Bandung

Kemudian, Institut Teknologi Bandung (UI) juga tercatat sebagai kampus yang melahirkan orang kaya di Indonesia. Salah satu lulusannya adalah pendiri Triputra Group yang bergerak di beberapa bidang seperti karet olahan, batubara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealer motor dan logistik bernama Theodore Rachmat.


Ia adalah salah satu orang terkaya di Indonesia. Diketahui, Theodore Rachmat adalah lulusan jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan kekayaan mencapai USD2,9 miliar.


ITB merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada 2 Maret 1959. ITB mempunyai 12 fakultas serta 130 program studi. (II/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini