5 Penyebab Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF U-19, Nomor 1 Paling Bikin Kesal

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 11 Juli 2022 - 10:01
kali dibaca
Ket Foto : TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-19 dipastikan gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Hal itu dikarenakan skuad Garuda Nusantara kalah head-to-head dengan Vietnam U-19 dan Thailand U-19, dua tim yang justru lolos ke babak semifinal.

Mediaapakabar.com
TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-19 dipastikan gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Hal itu dikarenakan skuad Garuda Nusantara kalah head-to-head dengan Vietnam U-19 dan Thailand U-19, dua tim yang justru lolos ke babak semifinal.

Gara-gara kalah head-to-head, Timnas Indonesia U-19 yang memiliki poin yang sama dengan Vietnam U-19 dan Thailand U-19, yakni 11 poin, nyatanya hanya bisa bertengger di peringkat ketiga.


Tentu hal tersebut sangat disayangkan, mengingat pada laga pamungkas Grup A, Timnas Indonesia U-19 dapat menutup dengan kemenangan telak 5-1 atas Myanmar U-19.


Timnas Indonesia U-19 pun gugur dengan catatan menarik, sebab mereka adalah tim paling produktif mencetak gol selama di Piala AFF U-19 2022. Total pasukan Shin Tae-yong sudah membukukan 17 gol dan baru kebobolan dua kali.


Kegagalan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal benar-benar sangat mengecewakan, apalagi skuad Garuda Nusantara bermain luar biasa dengan tak merasakan kekalahan sama sekali. Lantas apa yang menyebabkan Timnas Indonesia U-19 justru bernasib apes?


Dilansir dari okezone.com, berikut 5 Penyebab Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022:


5. Timnas Indonesia U-19 Telat Panas

Pada laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 langsung dihadapkan lawan berat, yakni Vietnam U-19. 


Karena baru bermain, banyak pemain skuad Garuda Nusantara yang belum panas sehingga gagal mengeluarkan permainan terbaik mereka.


Alhasil, laga Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 berakhir 0-0. Hasil imbang itu pun pada akhirnya merugikan Timnas Indonesia U-19 saat penentuan lolos ke semifinal, sebab pasukan Shin Tae-yong jadi kalah head-to-head dengan Vietnam U-19.


4. Kembali Gagal Cetak Gol saat Hadapi Thailand U-19

Setelah imbang 0-0 dengan Vietnam U-19, Timnas Indonesia U-19 berhasil mengamuk di matchday kedua. Brunei Darussalam U-19 dibuat takluk 7-0 oleh Hokky Caraka dan kawan-kawan.


Namun, pada matchday ketiga saat melawan Thailand U-19, Timnas Indonesia U-19 lagi-lagi kesulitan mencetak gol. 


Laga pun berakhir sama kuat 0-0 dan hasil tersebut juga merugikan Timnas Indonesia U-19 saat penentuan lolos ke semifinal.


Andai saja Timnas Indonesia U-19 bisa menang atas Thailand, mungkin skuad Garuda Nusantara yang akan menemani Vietnam U-19 ke semifinal.


3. Regulasi AFF yang Berpatokan Terhadap Head-to-Head

AFF masih menggunakan aturan head-to-head untuk menentukan posisi klasemen ketika ada tim yang memiliki jumlah poin yang sama. Timnas Indonesia U-19 gagal ke semifinal karena aturan head-to-head tersebut.


Andai saja AFF memakai selisih gol, maka Timnas Indonesia U-19 justru bisa lolos dengan status sebagai juara Grup A. Sebab selisih gol Timnas Indonesia U-19 adalah +15, dari 17 gol dan dua kebobolan.


“Memang head to head seperti situasi eskarang ini memang sudah hilang kalau regulasi FIFA atau AFC, tetapi sedikit aneh memang masih ada di AFF regulasi ini,” kata pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong usai laga di Stadion Patriot Candrabhaga.


2. Kurang Tajamnya Lini Depan Timnas Indonesia U-19 saat Lawan Tim Kuat

Timnas Indonesia U-19 memang saat ini berstatus sebagai tim paling produktif mencetak gol di Piala AFF U-19 2022 dengan 17 gol yang sudah diciptakan. 


Namun, nyatanya Shin Tae-yong tetap tak puas dengan lini depan Garuda Nusantara.


Pasalnya Timnas Indonesia U-19 hanya mampu mencetak gol ketika melawan tim-tim yang tak terlalu kuat. Namun, ketika dihadapkan tim-tim berat seperti Vietnam dan Thailand, Hokky Caraka dan kawan-kawan justru kesulitan untuk mencetak gol.


Gara-gara tak mencetak gol ke gawang Vietnam dan Thailand, Timnas Indonesia U-19 pun gagal ke semifinal. Shin Tae-yong pun menyadari masih kurang tajamnya lini depan Timnas Indonesia U-19.


Shin Tae-yong merasa hal itu perlu menjadi perhatian lebih mengingat pada ajang selanjutnya, yakni di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, lawan-lawan yang dihadapi Timnas Indonesia U-23 mungkin lebih kuat dari Vietnam dan Thailand.


“Memang performa kita bagus di ajang ini, kecuali lawan Vietnam dan Thailand, tetapi lawan kita (di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023) bukan tim-tim seperti ini, lebih kuat dan keras, dan perlu usaha lebih dari tim kita sendiri,” jelas Shin Tae-yong.


1. Hasil Imbang 1-1 di Laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19

Timnas Indonesia U-19 bisa dikatakan sudah menaruh satu kaki di semifinal Piala AFF U-19 2022 usai unggul 4-1 di babak pertama kontra Myanmar U-19. Hal itu juga dikarenakan Vietnam U-19 dan Thailand U-19 sama kuat 0-0 di babak pertama.


Kendati demikian, harapan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal sirna usai Vietnam dan Thailand berbalas gol di menit 70-an. Skor 1-1 jelas tidak menguntungkan Timnas Indonesia U-19 yang kalah head-to-head dengan dua tim tersebut.


Menariknya, ada kecurigaan Vietnam U-19 dan Thailand U-19 main mata pada laga yang dihelat di Stadion Madya, Senayan tersebut. Sebab ketika sudah 1-1, kedua tim menurunkan tempo permainan.


Bahkan dalam 10 menit terakhir, Vietnam U-19 lebih banyak bermain di wilayah sendiri. Sementara Thailand U-19 tidak berinisiatif untuk merebut. Malahan para pemain banyak berjatuhan yang disebut-sebut trik untuk menghabiskan waktu. (OC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini