5 Kunci Memulai Usaha dari Nol Ala Bob Sadino

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 26 Juli 2022 - 19:33
kali dibaca
Ket Foto : Kunci Memulai Usaha dari Nol Ala Bob Sadino (Wikipedia).

Mediaapakabar.com
Kunci memulai usaha dari nol ala Bob Sadino ini wajib kamu ketahui jika ingin menjadi pengusaha sukses. Siapa yang tak kenal dengan pengusaha Bob Sadino? Ya, Bob Sadino atau yang akrab disapa Om Bob ini merupakan pengusaha sukses di Indonesia yang diketahui memulai bisnisnya dari nol.

Meski telah meninggal dunia pada 2015 lalu, sosok Bob Sadino tetap menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha. Dilansir dari iNews.id, berikut kunci memulai usaha dari nol ala Bob Sadino yang wajib kamu coba.


Kunci Memulai Usaha dari Nol Ala Bob Sadino

1. Mempunyai Mimpi Besar

Mimpi yang besar bisa menjadi sebuah pendorong dan sumber kekuatan untuk terus berjuang. Inilah yang dilakukan oleh Bob Sadino saat mengawali dan menjaga bisnisnya. Tekad dan semangat yang kuat menjadi kunci untuk terus berusaha menghadapi berbagai tantangan yang ada.


2. Berani Memulai

Tak hanya sekedar memiliki mimpi besar, namun kamu juga harus memiliki keberanian untuk mewujudkannya melalui tindakan nyata. Banyak dari mereka yang hendak memulai bisnis namun takut gagal. 


Bob Sadino pernah mengatakan, “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang dijalankan, bukan yang ditanya terus.” Kalimat dari Bob Sadino tersebut menjadi pengingat bagi banyak orang yang masih ragu untuk memulai dan menjalankan bisnis.


3. Pilih Sektor Bisnis yang Dikuasai

Saat memulai bisnis, hal utama yang perlu dilakukan adalah memilih jenis usaha yang dikuasai. 


Dengan memilih usaha yang dikuasai, maka kamu dapat lebih mudah menjalankan dan mengembangkan bisnismu. Kamu juga dapat menghemat waktu karena sudah tahu target pasarnya.


Selain itu, pilihlah bisnis yang selalu memiliki peminat sehingga usaha yang kamu jalankan dapat bertahan lama.


4. Membuat Prioritas

Jika kamu hanya memiliki modal terbatas untuk memulai bisnis, maka kamu perlu membuat prioritas. Hal ini akan mencegah kamu mengeluarkan uang untuk keperluan yang sifatnya tidak mendesak.


Buatlah arus kas dengan membuat prioritas terhadap hal-hal yang akan kamu lakukan dalam beberapa waktu kedepan, lengkap dengan anggaran biayanya.  Dengan adanya anggaran keuangan yang jelas dan rapi tentu akan membuat bisnis kamu mudah untuk dipantau.


5. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Sebagai pengusaha, kamu harus menanamkan prinsip kerja keras untuk meraih keberhasilan. Namun, kerja keras saja tidak cukup. Kamu juga perlu untuk kerja cerdas. Kerja cerdas artinya bekerja secara efektif dan efisien.


Itulah lima memulai usaha dari nol ala Bob Sadino yang wajib diketahui calon pengusaha. Selamat mencoba. (II/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini