141 Peserta Ikuti Ujian Anggota Muda-Biasa PWI Sumut

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 28 Juli 2022 - 17:51
kali dibaca
Ket Foto : Sebanyak 141 orang peserta mengikuti ujian calon anggota muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan kenaikan tingkat dari anggota muda menjadi anggota biasa yang dilaksanakan PWI Sumatera Utara.

Mediaapakabar.com
Sebanyak 141 orang peserta mengikuti ujian calon anggota muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan kenaikan tingkat dari anggota muda menjadi anggota biasa yang dilaksanakan PWI Sumatera Utara.

Ujian yang terselenggara atas kerjasama Serikat Perusahaan Pers (SPS) dan PWI Sumatera Utara itu berlangsung di Kartini Ballroom Hotel Le Polonia Medan, Kamis (28/7/2022).


Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik mengatakan, seleksi penerimaan anggota muda dan kenaikan status anggota muda menjadi anggota biasa merupakan salah satu program kerja PWI Sumatera Utara di masa kepemimpinannya.


Jumlah peserta mencapai 141 orang baik media cetak maupun online dari berbagai kabupaten/kota di wilayah Sumatera Utara membuktikan bahwa minat para wartawan sangat tinggi untuk bergabung di PWI.


"Tingginya minat kawan-kawan ingin bergabung ke PWI tidak bisa dibendung. Sepanjang catatan ujian calon anggota muda dan kenaikan status anggota PWI kali ini, pesertanya tercatat paling banyak," kata Farianda.


Namun demikian, sebut Farianda yang juga Ketua SPS Sumut, disamping dari sisi kuantitas, pihaknya memprioritaskan kualitas dan sumber daya manusia (SDM) wartawan yang mau bergabung ke PWI, khususnya di Sumatera Utara.


"Harapan kami, seluruh peserta bisa lulus dan terus meningkatkan SDM sehingga dalam menjalankan tugas jurnalistik tetap memedomani Undang-Undang Pers, PPRA, KEJ dan Kode Perilaku Wartawan," kata Farianda.


Pantauan di lokasi acara, sebelum mengikuti ujian, para peserta juga mengikuti panel diskusi dengan narasumber Ketua PWI H Farianda Putra Sinik, Ketua DKP PWI Sumut, M Syahrir, dan Sekretaris SPS, Rianto Agly.


Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumut, Rifki Warisan didampingi Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Sugiatmo menjelaskan, dari 141 orang peserta tercatat 49 orang mengikuti ujian kenaikan tingkat dari anggota muda ke biasa, dan 92 orang mengikuti ujian calon anggota muda.


"Peserta diuji dengan Undang-Undang Pers, PPRA, KEJ dan Kode Perilaku Wartawan, pengetahuan umum, serta membuat berita. Nilai kelulusan minimal 70 dengan kriteria 40 persen mata uji tertulis dan 30 persen menulis berita. Peserta yang dinyatakan lulus akan diberitahukan melalui grup WhatsApp," kata Sugiatmo. (MC/REL)

Share:
Komentar

Berita Terkini