Terungkap, Ternyata Ini Alasan Megawati Tak Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Bareng Jokowi

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 02 Juni 2022 - 08:44
kali dibaca
Ket Foto : Megawati Soekarnoputri.

Mediaapakabar.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi didampingi Iriana Joko Widodo dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Jokowi bertindak selaku inspektur upacara dan memimpin jalannya upacara dari Lapangan Pancasila, Rabu (1/6/2022). Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri tak ikut upacara bareng Jokowi. Megawati mengungkapkan alasannya absen di acara tersebut.


Alasan Megawati Tak Upacara Bareng Jokowi

Ketum PDIP itu mengatakan telah menginformasikan alasan ketidakhadirannya tersebut ke Jokowi. Alasannya, kata dia, lantaran harus mengisi agenda seminar yang ia anggap cukup penting.


"Beliau sekarang di Ende. Saya pamit kenapa, karena ini saya anggap penting," kata Megawati saat menjadi pembicara kunci di Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 secara virtual, Rabu (1/6/2022).


Dilansir dari detikcom, Megawati mengaku sempat mendapat pertanyaan soal ketidakhadirannya tersebut. Dia menjelaskan sudah bagi tugas dengan jajaran pengurus BPIP lainnya untuk menghadiri upacara di Ende.


"Padahal saya ditanya, kenapa Bu Mega tidak muncul sebagai dewan pengarah BPIP, biasa toh wartawan kan jahil, saya bilang karena bagi tugas. Di sana ada pengurus BPIP," katanya.


Megawati memandang tugasnya sebagai pembicara kunci di acara para rektor untuk membumikan ideologi Pancasila. Ihwalnya, kata Mega, merekalah yang menentukan kurikulum di perguruan tinggi.


"Saya merasa saya akan ketemu para rektor yang akan mengintroduksi, karena rektor yang memutuskan kurikulum," lanjutnya.


Megawati lantas meminta para rektor agar memperhatikan kurikulum yang bisa menjaga pelaksanaan ideologi Pancasila. "Jadi bagaimana bapak-bapak rektor supaya ini dapat menjadi sebuah kurikulum yang mau tidak mau harus diutarakan supaya anak didik kita tahu bangsa ini terbentuk karena adanya Pancasila, itu perekat bangsa," harapnya.


Megawati Juga Absen di Pernikahan Adik Jokowi

Selain absen mendampingi Presiden Jokowi, Megawati Soekarnoputri diketahui juga tak hadir di acara pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman. Begitu pula dengan Ketua DPR Puan Maharani. PDIP memberikan penjelasan.


Ketidakhadiran Megawati dan Puan ini mulanya dikonfirmasi oleh Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. Namun dia tidak mengetahui apakah keduanya mendapat undangan.


"Kemarin (Megawati dan Puan) nggak datang. Nggak tahu diundang apa nggak," kata Rudy saat dijumpai di kediamannya, Jumat (27/5/2022).


Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul kemudian mengungkapkan alasan ketidakhadiran Megawati-Puan tersebut. 


Bambang menepis jika dikatakan tak ada tokoh PDIP yang hadir. Dia menyebut sejumlah nama kader PDIP, yakni anggota DPR Fraksi PDIP Johan Budi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, hadir.


"Kalau nggak ada tokoh PDIP, Pak JB ke sana, kok. Pak Tjahjo, Mas Pram, datang," kata Bambang Pacul kepada wartawan, Selasa (31/5).


Dia menepis isu ada masalah terkait ketidakhadiran Megawati dan sejumlah elite PDIP di acara pernikahan adik Jokowi tersebut. Bambang lalu menjelaskan alasan Mega hingga Puan tak datang.


"Diisuin kan karena hanya Mbak Puan sama Ibu (Megawati) nggak datang," katanya.


"Kalau Ibu (Megawati) webinar, di Jakarta. Webinar, Ibu. Tapi kan itu ada acara. Mbak Puan waktu itu ke Bali, acara mitigasi bencana nasional. Acaranya Kamis," kata Ketua Komisi III DPR itu.


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga disebut tak hadir. Bambang menyebut Hasto mungkin tak mendapat undangan acara pernikahan adik Jokowi.


"Hasto kan nggak datang. Aku juga nggak tahu (alasannya). Kelihatannya malah Mas Hasto nggak dapat undangan. Kalau saya diundang sebagai Ketua Komisi III," ujar Bambang.


Bambang mengaku tak hadir di acara pernikahan adik Jokowi. Dia mengatakan saat itu sedang ada acara keluarga dan diwakilkan oleh staf ahlinya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini