Terkait Usulan Legalisasi Ganja untuk Medis, Ini Respon Mabes Polri

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 30 Juni 2022 - 19:29
kali dibaca
Ket Foto : Ket Foto : Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Mediaapakabar.com
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan angkat bicara terkait keinginan beberapa kalangan agar pemerintah melegalkan ganja demi kepentingan medis.

Jenderal bintang satu itu menyampaikan Mabes Polri selalu mendukung langkah pemerintah bila menyangkut kepentingan umum.


"Prinsipnya, apa yang menjadi keputusan atau pun kebijakan pemerintah dan tentunya untuk kepentingan umum dan kepentingan masyarakat, pasti Polri akan mendukung," kata Brigjen Ramadhan di Mabes Polri, dikutip dari JPNN.com, Kamis (30/6/2022).


Desakan legalisasi ganja untuk keperluan medis kembali santer diperbincangkan.


Desakan itu mencuat setelah seorang ibu bernama Santi menyuarakan permintaan terkait legalisasi ganja medis untuk pengobatan anaknya.


Sebelumnya, Direktur Tipidnarkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Halomoan Siregar menyatakan usulan untuk melegalkan ganja untuk kepentingan medis harus melalui persetujuan Menteri Kesehatan atas rekomendasi BPOM.


Menurutnya, hal itu sesuai dengan bunyi Pasal 8 Ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.


"Saat ini, Polri sebagai penyidik tindak pidana narkotika berpedoman pada ketentuan tersebut," kata Brigjen Krisno dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).


Perwira tinggi Polri itu mengatakan, berdasarkan UU tersebut, ganja sebagai salah satu bentuk narkotika golongan I. Artinya, dilarang digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan. (JPNN/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini