Secara Bertahap, Bobby Nasution Normalisasi Drainase di Kawasan Rawan Banjir

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 14 Juni 2022 - 08:02
kali dibaca
Ket Foto : Pembenahan infrastruktur merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Selain pembenahan jalan, normalisasi drainase juga gencar dilakukan. Normalisasi ini dilakukan untuk mengatasi genangan air. 

Mediaapakabar.com
Pembenahan infrastruktur merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Selain pembenahan jalan, normalisasi drainase juga gencar dilakukan. Normalisasi ini dilakukan untuk mengatasi genangan air. 

Selain menggunakan peralatan manual, drainase juga dilakukan dengan mengerahkan alat berat yang dimiliki Pemko Medan diantaranya mobil sedot, backhoe loader, dan excavator breaker. Saluran drainase yang mengalami pendangkalan akibat sedimentasi pun secara bertahap mulai teratasi.  


Data sementara yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Medan, mulai awal Januari sampai awal Juni 2022 normalisasi drainase dilakukan di berbagai kecamatan di Kota Medan. Di Medan Deli, normalisasi drainase dilakukan di Kelurahan Titi Papan, Jalan Platina VII Lingkungan 1 dan 2 dan Kelurahan Tanjung Mulia Jalan Veteran Gang Telo Kompleks Pendopo 4. 


Di Medan Tembung normalisasi dilakukan di Kelurahan Bandar Selamat Jalan Letda Sujono, Kelurahan Sidorejo Hilir Jalan Tuasan, Kelurahan Bantan Timur Jalan Mandala Simpang Jalan Pukat, Kelurahan Tembung Jalan Williem Iskandar, dan Kelurahan Bantan Medan Jalan Tirtosari Lingkungan 12.


Di Medan Perjuangan normalisasi drainase dilakukan di Kelurahan Sei Kera Hulu Jalan Prof H.M. Yamin dan pembuatan dinding talud di Kelurahan Sidorame Timur Jalan Pertemuan . Di Medan Timur normalisasi drainase dilakukan di Kelurahan Glugur Darat di Jalan Setia Jadi, Mustafa Gang VIII, Mustafa Gang Mawar, Mustafa Gang Lama, Gunung Mahameru Lingkungan 12, dan Pasar III.


Di Medan Kota, pekerjaan normalisasi dilakukan di Kelurahan Pusat Pasar Jalan Bulan, Kelurahan Siti Rejo I Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Teladan Barat Jalan Gedung Arca. Kecamatan Medan Amplas di Kelurahan Amplas Jalan Selambo, Kelurahan Harjosari I Jalan Sisingamangaraja,  Garu II B, Garu III, Kelurahan Sitirejo II Jalan Sei Batuan, Kelurahan Sitirejo I Jalan Persamaan Gang Rahmat, dan Harjosari II Jalan Tritura dan Bajak II.


Di Medan Denai, pekerjaan dilakukan di Kelurahan Denai Jalan Jermal VII Ujung dan Datuk Kabu, Tegal Sari Mandala III Jalan Denai, Kelurahan Binjai Jalan  Bromo (Parit Primer/ Sulang-Saling), Perisai Pribumi/Air Bersih Ujung, Menteng Raya (Saluran MUDP), dan Kelurahan Medan Tenggara Jalan Menteng VII.


Di Medan Area, normalisasi dilakukan di Kelurahan Sukaramai I Jalan Medan Area Selatan (parit tengah mulai dari Jalan Sutrisno sampai dengan Lorong i), Sei Rengas II Jalan Waja, Sukaramai I Jalan Besi, Sukaramai II Jalan Asia, Tegal Sari III Jalan Bromo, Kota Matsum II Jalan Utama (Parit Sulang Saling), Tegal Sari II Jalan Bromo (Parit Busuk/Parit Sulang-Saling). Di Medan Helvetia, normalisasi drainase dilakukan di Kelurahan Helvetia Tengah Jalan Dahlia Raya, Tanjung Gusta Jalan Gaperta Ujung, dan Dwikora Jalan Bakti Luhur.


Di Medan Petisah normalisasi dikerjakan di Kelurahan Sekip Jalan Waringin Lingkungan VI, Sekip Jalan dan Merbabu Lingkungan VIII, Petisah Tengah Jalan Gatot Subroto Simpang Simalungun, sedangkan di Kecamatan Medan Baru dilakukan di Kelurahan Merdeka Jalan Prof Zulkarnain Lingkungan VII, dan Merdeka Jalan Dr. Sumarsono Lingkungan VII.


Normalisasi drainase juga dilakukan di Kecamatan Medan Barat yakni di Kelurahan Kesawan Jalan A . Yani depan rumah Chong A fie (mengorek jalan,mengecor kontrol, dan memasang pipa), Jalan Merak Jingga, Jalan Pulau Pinang, Jalan Perniagaan, Kelurahan Pulo Brayan Kota Jalan Budi Kemenangan Lingkungan 22, dan Kelurahan Sei Agul Jalan Danau Singkarak.


Di Medan Belawan, normalisasi drainase dikerjakan di Kelurahan Belawan Bahari Jalan PLTU dan  Kl. Yos Sudarso/Kampung Salam, Kelurahan Belawan I Jalan Veteran dan Jalan Asahan, Kelurahan Belawan II Jalan Selebes dan Jalan Bunga, Belawan Bahagia Jalan Tongkol, Jalan Tenggiri, Jalan Paitan, dan Jalan Parang-Parang, Belawan I Jalan Rokan.


Lilik, warga Kecamatan Medan Denai, mengungkapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah melakukan normalisasi drainase di kawasannya. Dia mengakui, secara bertahap Pemko Medan telah normalisasi drainase sehingga genangan air yang terjadi selama ini bisa teratasi. (MC/DAF)


Share:
Komentar

Berita Terkini