Resmikan Rumah RJ Tanjungbalai, Kajati Sumut: Konsep Restorative Justice, Pemulihan Keadaan Seperti Semula

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 08 Juni 2022 - 21:02
kali dibaca
Ket Foto : Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Utara (Sumut) Idianto, SH,MH resmikan lagi Rumah RJ Balai Damai di kantor Lurah Kelurahan Selat Tanjung Medan, Tanjung Balai, Selasa (7/6/2022).

Mediaapakabar.com
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Utara (Sumut) Idianto, SH,MH resmikan lagi Rumah RJ Balai Damai di kantor Lurah Kelurahan Selat Tanjung Medan, Tanjung Balai, Selasa (7/6/2022).

Peresmian Rumah RJ Balai Damai dihadiri Plt. Walikota Tanjung Balai H Waris Thalib, Forkopimda Asahan, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Frangki Susanto. Hadir juga Aspidsus Anton Delianto, Asbin Sufari, Kajari Tanjung Balai Rufina Br. Ginting, SH, MH, Kabag TU Rahmad Isnaini, Kasi Penkum Yos A Tarigan, Kasi Pidum Kejari Tanjung Balai Rikardo HUT Simanjuntak, Kasi Intel Dedy DLT Saragih, serta para Kasi, Lurah Selat Tj.Medan Rahmat, tokoh masyarakat serta tokoh agama. 


Dalam sambutannya, Kajati Sumut Idianto menyampaikan bahwa penyelesaian perkara pidana bisa diselesaikan dengan keadilan restoratif, dimana dalam penerapan RJ ini ada pemulihan keadaan seperti semula sebelum tindak pidana ini terjadi. 


"Seperti disampaikan Jaksa Agung, penyelesaian perkara tindak pidana umum dengan pendekatan RJ ini diharapkan kehidupan harmonis di tengah masyarakat dapat pulih kembali. Konsep RJ utamanya ditujukan untuk pemulihan dan perdamaian harmoni di dalam masyarakat, sehingga jaksa sebagai penegak hukum dan pemegang azas dominus litis, harus lebih mengutamakan perdamaian dan pemulihan pada keadaan semula," tandasnya.


Harapan ke depan, lanjut Idianto, dengan diresmikannya Rumah RJ Balai Damai ini nilai-nilai kearifan lokal yang ada bisa terjaga dengan baik di tengah masyarakat. Rumah RJ Balai Damai ini merupakan salah satu program prioritas nasional. Rumah ini nantinya bisa digunakan untuk semua masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum. Bantuan ini tidak hanya berfokus pada hukum pidana semata, namun juga perdata dan konsultasi hukum.


Sebelumnya, Plt. Walikota Tanjung Balai menyampaikan apresiasinya kepada Kejaksaan RI yang membawa satu perubahan dan menginisiasi dibangunnya Rumah RJ di Kelurahan Selat Tj. Medan.


"Dengan diresmikannya Rumah RJ ini, kiranya menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya. Sewaktu saya menjabat lurah, saya selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan sebuah permasalahan, termasuk masalah hukum. Semoga dengan adanya Rumah RJ Balai Damai ini, 31 kelurahan dan 187 lingkungan yang ada di Kota Tanjung Balai bisa mencontoh apa yang sudah ada di Kelurahan Selat Tj Medan ini. Karena ini adalah kelurahan yang terluas di Kota Tanjung Balai," tegasnya.


Kajari Tanjung Balai Rufina Br. Ginting, SH, MH menyampaikan bahwa kehadiran Rumah RJ Balai Damai di Kelurahan Selat Tj Medan ini diharapkan menjadi percontohan di Kota Tanjung Balai dan memberikan efek domino jangka panjang sebagai solusi bagi masyarakat mencari keadilan yang sesungguhnya, yang bersumber dari kearifan lokal masyarakat.


Selanjutnya, Kajati Sumut didampingi Kajari dan Plt Walikota meresmikan Rumah RJ Balai Damai dan meninjau langsung keberadaan Rumah RJ Balai Damai di Kelurahan Selat Tj Medan. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini