Kutukan 19 Tahun Pelatih Timnas Indonesia yang Berhasil Dihentikan Shin Tae-yong, Bikin Geger!

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 15 Juni 2022 - 19:48
kali dibaca
Ket Foto : Shin Tae-yong hentikan kutukan pelatih Timnas Indonesia yang berlangsung 19 tahun terakhir. (Instagram/@shintaeyong7777)

Mediaapakabar.com
Kutukan 19 tahun pelatih Timnas Indonesia yang berhasil dihentikan Shin Tae-yong akan dibahas dalam artikel ini. Shin Tae-yong baru saja membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Kepastian itu didapat setelah Timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal di matchday pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia finis sebagai runner-up Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan enam angka.


Timnas Indonesia hanya kalah dari Yordania yang mengoleksi sembilan angka. Sementara itu, posisi tiga dan empat Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 ditempati Kuwait dan Nepal dengan koleksi tiga dan nol poin.


Seperti yang sudah disinggung di atas, ini merupakan yang pertama dalam 19 tahun terakhir, pelatih Timnas Indonesia membawa skuad Garuda lolos ke Piala Asia lewat jalur kualifikasi.


Sebelum Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia terakhir yang membawa skuad Garuda ke Piala Asia lewat jalur kualifikasi adalah Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria itu membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2004, dan memastikan tiket lolos pada 2003.


Saat itu di babak kualifikasi, Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Arab Saudi, Yaman dan Bhutan. Setelah melewati enam pertandingan, Timnas Indonesia finis di posisi dua dengan koleksi 10 angka.


Timnas Indonesia mengungguli Yaman yang menduduki posisi tiga dengan tujuh poin dan Bhutan (0). Hanya Arab Saudi yang unggul dari Timnas Indonesia saat itu.


Tim asal Asia Barat itu memuncaki klasemen dengan koleksi 18 angka, alias menyapu bersih enam laga dengan kemenangan! Benar, kelar Piala Asia 2004, Timnas Indonesia ambil bagian pada Piala Asia 2007.


Namun, saat itu Timnas Indonesia lolos lewat jalur tuan rumah bukan kualifikasi. Karena itu, penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 merupakan yang pertama dalam 16 tahun terakhir.


Shin Tae-yong memiliki ambisi besar di Piala Asia 2023. Ia bertekad mengantarkan Timnas Indonesia mencetak sejarah, yakni lolos ke fase gugur Piala Asia 2023. Sekadar diketahui, sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Asia, langkah Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup. (OC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini