Kelurahan Teladan Barat Gelar Pelatihan Read Aloud Bagi Kader PKK

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 02 Juni 2022 - 18:16
kali dibaca
Ket Foto : Kelurahan Teladan Barat mengadakan pelatihan Read Aloud bagi kader PKK di kelurahan Teladan Barat dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. 

Mediaapakabar.com
Kelurahan Teladan Barat mengadakan pelatihan Read Aloud bagi kader PKK di kelurahan Teladan Barat dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. 

Kegiatan ini dibuka oleh Lurah Teladan Barat Bapak Juni Hardian di Aula Kantor Kelurahan Teladan Barat, Kamis, 2 Juni 2022.


Pelatihan Read Aloud ini bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan gemar membaca kepada Warga Kelurahan Teladan Barat. 


Langkah yang diambil Lurah Teladan Barat ini sejalan dengan semangat Walikota Medan, Bapak Bobby Nasution dalam visi dan misi nya memajukan Kota Medan. 


Dalam rangka meningkatan Indeks literasi masyarakat di Kota Medan, beberapa waktu lalu juga Pemko Medan bersama DPRD Medan tengah membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Perpustakaan yang bertujuan salah satunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Medan. 


Dalam rangkaian acara itu juga Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu Bobby Nasution dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Medan periode 2021 - 2026.


Pengukuhan yang diawali dengan Pembacaan naskah Pengukuhan ini dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI. Selanjutnya dilakukan penyematan Selempang kepada Bunda Literasi Kota Medan.


Lanjut Lurah Teladan Barat mengatakan dengan membaca kita dapat meningkatkan intelektualitas dan kuantitas emosional untuk menjadi pribadi yang lebih matang, terutama dalam menghadapi tantangan era globalisasi saat ini.


Namun dirinya menyayangkan saat ini rendahnya minat baca anak-anak dan masyarakat. “Dalam masyarakat kita, budaya membaca merupakan budaya yang masih asing dan masih belum menjadi kebutuhan,” ungkap Lurah yang biasa disapa "Pak Chun" ini. 


Ia mengatakan, kondisi ini tentunya menimbulkan keprihatinan, untuk itu pihaknya melakukan berbagai kegiatan yang menarik minat anak-anak dan masyarakat untuk mulai gemar membaca, salah satunya melalui kegiatan Read Aloud ini. 


Lurah Teladan Barat, menambahkan, “Tidak mudah meningkatkan minat baca di tengah digitalisasi seperti saat ini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya, bagaimana menumbuhkan minat baca bagi masyarakat. Membaca bisa langsung pada buku atau melalui referensi berbasis online. Kita harus memberi stimulus pada dua hal itu,” jelas Lurah.


“Kita harapkan, berbagai program minat baca yang telah diluncurkan oleh Pemko Medan dapat dikolaborasikan bersama. Sehingga, dapat terus memancing minat baca bagi seluruh masyarakat luas,” paparnya.


“Saya juga mendorong Kepala Lingkungan dan Kader PKK Kelurahan Teladan Barat untuk terus menggelorakan pada seluruh warganya, dengan membuat pojok baca dalam setiap ruang pelayanan publik, Kepala Lingkungan dan Kader PKK terus kami pesankan agar mensosialisasikan serta mendorong minat baca di ruang publik, contohnya bisa memanfaatkan Taman Teladan,” tandasnya.


Di tempat terpisah, Camat Medan Kota, Bapak H. T Chairuniza menyambut baik kegiatan Read Aloud yang diadakan Kelurahan Teladan Barat ini. 


Kegiatan sinergi antara Kelurahan, dan Masyarakat diharapkan dapat meningkatkan minat baca bagi warga Kelurahan Teladan Barat.


“Acara ini tentu saya apresiasi dan pemerintah Kecamatan Medan Kota tentu menginginkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” pungkasnya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini