Kapolda Sumut Lepas 1 SSK Brimob ke Papua

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:47
kali dibaca
Ket Foto : Sebanyak 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Satuan Brimob Polda Sumut diberangkatkan ke Papua. Pelepasan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) itu dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dalam apel pasukan di lapangan KS Tubun Mapolda Sumut.

Mediaapakabar.com
Sebanyak 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Satuan Brimob Polda Sumut diberangkatkan ke Papua. Pelepasan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) itu dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dalam apel pasukan di lapangan KS Tubun Mapolda Sumut.

Hadir pada apel tersebut, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, Irwasda Kombes Pol Armia Fahmi, Dansat Brimob dan PJU Polda Sumut.


Kapolda Sumut Irjen Panca mengatakan, pengiriman pasukan Brimob ini dilakukan setelah pemerintah mengumumkan untuk pemekaran daerah baru di Papua.


Pasukan BKO Brimob Polda Sumut ini dipimpin Danki penugasan AKP Alponso J Nasution, dan nantinya akan ditempatkan di Polres Jayapura.


Dalam kesempatan itu, Kapolda melakukan pemeriksaan langsung kelengkapan para personel termasuk senjata dan amunisi.


“Saudara dipercaya untuk melaksanakan tugas BKO di Polda Papua dalam rangka mendukung pelaksanaan dan mengantisipasi perkembangan situasi yang berkembang di Provinsi Papua. saudara merupakan satuan kompi penanggulangan huru hara terkait kebijakan pemerintah dalam pembentukan otonomi baru di Papua dan saudara tergabung pada Polda Papua yang akan ditempatkan di Polres Kota Jayapura,” ucapnya.


Dia juga menguji kemampuan para personel soal prosedur apabila kerusuhan pecah, salah satunya yakni penggunaan jenis peluru dan peralatan lainnya.


Selain itu, Kapolda Sumut juga menyampaikan 6 arahan penting agar selalu dijalankan oleh para personel Brimob, di antaranya mampu melakukan pendekatan humanis terhadap warga lokal serta tak melakukan kesalahan.


Selanjutnya memperhatikan keselamatan, mematuhi protokol yang sudah diperintahkan pimpinan dan harus mampu mengikuti arahan yang diberikan.


Dia mengatakan, 1 SSK Brimob itu akan berada di Papua selama sebulan mulai dari keberangkatan 24 Juni hingga 23 Juli 2022 mendatang. Ketetapan tersebut bisa berubah seiring perintah Mabes Polri karena melihat situasi nantinya dan diharapkan pula mampu sesegera mungkin beradaptasi.


“Selamat bertugas dan tetap semangat. Salam untuk keluarga saudara,” tuturnya.


Sementara, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut Kombes Pol Christiyanto Goetomo mengatakan, selain dari Satuan Brimob Poldasu, pada hari yang sama juga dikirim Satuan Brimob Polda Riau untuk bergabung dengan pasukan sebelumnya yang sudah berada di Papua, yakni pasukan pelopor dari Mako Korbrimob Polri Kelapa Dua.


“Jadi ada tiga pasukan Brimob yang ditugaskan di Papua, yakni dari Polda Sumut, Polda Riau dan pasukan Pelopor pusat,” terang Dansat Brimob Polda Sumut. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini