Ini 4 Polwan yang Memiliki Jabatan Penting di Mabes Polri, 2 Diantaranya Berpangkat Brigjen

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 27 Juni 2022 - 12:45
kali dibaca
Ket Foto : Polwan atau polisi wanita biasanya dianggap sebagai pribadi yang tomboy, tegas dan garang. 

Mediaapakabar.comPolwan atau polisi wanita biasanya dianggap sebagai pribadi yang tomboy, tegas dan garang. Namun, keberadaannya kerap menarik perhatian. Apalagi, belakangan ini banyak bermunculan sosok polwan cantik yang tampil mempesona. 

Menjadi seorang polwan bukan berarti tidak bisa menempati kursi penting di jajaran kepolisian Indonesia. Buktinya, dari pelantikan 28 kapolsek di lingkungan hukum Polda Metro Jaya , delapan diantaranya adalah Polwan.


Selain itu, ada beberapa Polwan yang juga menempati jabatan penting di instansi Polri. Berikut empat Polwan yang memiliki jabatan penting di Mabes Polri seperti dilansir dari okezone.com, Senin, 27 Juni 2022.


1. Brigjen Pol (purn) Jeane Mandagi (Kepala Divisi Humas Polri) 


Brigjen Pol (purn) Jeane Mandagi merupakan Polwan pertama di Indonesia yang naik pangkat menjadi jenderal. Dia mengawali karirnya sebagai polisi pada 1 Desember 1965 dan sukses menjabat sebagai Kasi Hukum Polda Maluku.


Perempuan kelahiran Manado, 2 April 1937 ini kemudian dipindahkan ke Jakarta untuk menjadi Kepala Seksi Pembinaan Anak-anak, Pemuda dan Wanita (Kasi Binapta) Polda Metro Jaya dan Hakim Mahkamah Militer Jakarta-Banten di tahun 1970 silam. 


Tak hanya itu, Jeane juga menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri pada di tahun 1989. Dua tahun berselang, pada tahun 1991, Jeanne Mandagi akhirnya mendapatkan kenaikan pangkat sebagai perwira tinggi yaitu brigadir jenderal bintang satu (Brigjen).


2. Brigjen Pol Apriastini Bakti Bugiansri (Pelayanan Markas Polri)


Brigjen Pol. Apriastini Bakti Bugiansri adalah seorang Purnawirawan Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Sejarah Polri. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.


Wanita yang kerap disapa Apri ini merupakan kelahiran 1 April 1964. Polwan lulusan Sepolwan 1984 dan Secapa 1993 ini memiliki pengalaman di bidang SDM. 


Jenderal bintang satu ini pernah menjabat sebagai Pelayan Markas Polri, sekaligus merupakan jabatan terakhirnya. Dia juga masuk ke daftar 29 anggota Polri yang menerima kenaikan pangkat dari Kombes menjadi Brigjen bintang satu.


3. Irjen Sri Handayani (Kasetukpa Lemdikpol Polri)


Irjen Sri Handayani sebelumnya pernah menjadi seorang atlet nasional lari gawang, dan kerap memenangkan banyak kejuaraan. Polwan ini merupakan perempuan pertama yang jadi Kepala Sekolah Pembentukan Perwira (Kasetukpa) Lemdikpol Polri. Wanita kelahiran Solo, 14 April 1962 juga pernah mendapat kepercayaan untuk menjadi Wakapolda Kalimantan Barat. 


Sri mendapatkan kenaikan pangkat dari brigjen bintang satu menjadi irjen bintang dua pada tahun 2020 oleh Kapolri. 


4. Kombes Pol Nurul Azizah (Jubir Polri)


Kombes Pol Nurul Azizah ini dipercaya oleh Kapolri untuk menjabat sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri. Ini menjadikannya polisi wanita pertama yang menempati posisi juru bicara Polri.


Wanita kelahiran 5 November 1972 ini ditarik ke Mabes Polri pada tahun 2000 dan ditugaskan sebagai Staf Perencanaan Umum dan Anggaran. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Perwira Pertama Staf Personel di Mabes ABRI. (SC/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini