Hari Lahir Pancasila, Anggota DPRD Medan Serukan Pentingnya Persatuan Untuk Perdamaian

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 01 Juni 2022 - 20:12
kali dibaca
Ket Foto : Anggota DPRD Medan Drs. Wong Chun Sen, M. PdB.

Mediaapakabar.com
Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” adalah wujud dari perjuangan untuk memuliakan manusia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Anggota DPRD Medan Drs. Wong Chun Sen, M. PdB, Rabu (1/6/2022) menyampaikan dengan ditetapkannya 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila menjadi salah satu bukti bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara kita bisa mempersatukan dan mewujudkan perdamaian dunia terutama di masa pandemi Covid-19.


“Pandemi Covid-19 selama hampir 3 tahun melanda di seantero jagad raya ini telah membuat kita belajar untuk menghargai arti pentingnya kesehatan, pentingnya kebersamaan dalam memutus mata rantai Covid-19, ” katanya.

 

Lebih lanjut Ketua Gemabudhi Sumut ini menyampaikan bahwa pandemi dan perang sama-sama memakan korban bernama manusia. Karenanya, refleksi atas ‘Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab’ pada Hari Lahir Pancasila ini menjadi sangat relevan bagi semua elemen bangsa dan merenung tentang arti pentingnya saling menghargai dan menghormati tanpa harus membeda-bedakan.


Pancasila yang didalamnya telah disampaikan nilai-nilai termasuk nilai kemanusiaan dengan jelas, lanjut Wong. Mulai dari sila pertama sampai sila kelima yang memiliki makna mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.


“Pancasila telah mempersatukan kita, mari sama-sama mengaktualisasikan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini