Harga Telur Ayam Sentuh Harga Rp2.000 Per Butir

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 08 Juni 2022 - 03:51
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
- Harga telur ayam bebeapa waktu ini masih dalam tren kenaikan harga. Jika mengacu harga telur ayam dari PIHPS di akhir pekan lalu, tercatat hingga mencapai Rp26.400 per kilogram.

"Saat ini per butir berkisar dari Rp1.500 hingga Rp1.800. Bahkan ada yang mencapai Rp2.000 per butir di tingkat pedagang pengecer. Memang mahal, terlebih kenaikan harga telur ayam terjadi ketika tidak bertepatan dengan perayaan hari besar tertentu, kata pedagang bahan pokok di Pasar Halat Medan, Alex, Selasa (7/6/22).

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin menuturkan, banyak ayam afkir ditambah dengan kenaikan biaya produksi memicu kenaikan harga telur ayam itu sendiri. Ditambah lagi, sejumlah sumber bahan pangan protein seperti ikan, daging ayam hingga produk olahan kedelai seperti tahu dan tempe belakangan harganya juga bertahan mahal.

Jadi tidak ada alternatif sumber bahan pangan protein yang harganya relatif lebih murah. Masyarakat tidak memiliki pilihan untuk menghemat pengeluaran dengan mencari subtitusi sumber protein alternatif dan tidak melulu bergantung pada telur ayam.

"Disisi lainnya, harga cabai juga masih dalam tren naik. Harga cabai merah berada dalam rentang 40 hingga 50 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit dijual dikisaran harga 40 hingga 45 ribu per kilogram. Potensi harga cabai naik lagi di awal pekan sangat berpeluang terjadi," ujar Gunawan.

Gunawan mengungkapkan, hal tersebut dikarenakan oleh libur akhir pekan yang umumnya membuat petani menunda memanen tanamannya. 

Tren harga pangan di tahun ini diperkirakan rata rata akan lebih mahal dibandingkan dengan tahun silam. Kenaikan sejumlah bahan baku pangan maupun enerji membuat harga jual produk pertanian menjadi lebih mahal.

"Memang bukan hanya fenomena yang terjadi di indonesia saja. Tren kenaikan harga maupun kelangkaan bahan pangan juga terjadi di belahan banyak negara lainnya," ungkap Gunawan. (IK)
Share:
Komentar

Berita Terkini