Bobby Nasution Apresiasi PT KAI & Kemenhub Atas Pembangunan Jalur Layang KA Medan-Binjai

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 16 Juni 2022 - 19:16
kali dibaca
Ket Foto : Bobby Nasution Apresiasi PT KAI & Kemenhub Atas Pembangunan Jalur Layang KA Medan-Binjai.

Mediaapakabar.com
Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia karena telah mengembangkan transportasi massal berupa kereta api dari Medan-Binjai.

Selain berdampak terhadap perekonomian, pengembangan yang dilakukan itu tentunya berdampak juga terhadap masyarakat sekitar.


“Pemko Medan mendukung penuh pengembangan transportasi massal yang dilakukan ini,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution saat Pemberian Santunan Bagi Masyarakat Terkena Dampak Sosial Kemasyarakatan Dalam Rangka Penertiban Lahan Untuk Pembangunan Jalur Layang Kereta Api (KA) Lintas Medan-Binjai di Jalan Setia Luhur, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia, Rabu (15/6/2022).


Apalagi, kata Bobby Nasution, lahan kosong yang bersebelahan dengan Masjid Al Ikhlas direncanakan akan dibangun menjadi Stasiun Helvetia. Sebagai bentuk dukungan, orang nomor satu di Pemko Medan itu langsung meminta kepada Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis yang turut hadir agar dapat memperhitungkan kemungkinan terjadinya kepadatan arus lalu lintas menyusul hadirnya Stasiun Helvetia tersebut.


“Direncanakan pembangunan Stasiun Helvetia akan dilakukan dan diperkirakan selesai tahun 2024. Untuk itu saya minta Kadis Perhubungan agar dapat melihat perkiraan jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Helvetia nantinya. Apa perlu dilakukan penambahan kapasitas jalan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan arus lalu lintas,” ungkapnya.


Selanjutnya dihadapan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara Dandun Prakosa, Deputi Divre 1 PT KAI Sumut Zuhril Alim, Asisten Manager BRI Cabang Medan Thamrin Yudhi Ramadhana Putra, Bobby Nasution menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Kelurahan Dwi Kora yang telah mendukung penuh Pemerintah Pusat melalui Kemenhub dengan memberikan lahannya  untuk digunakan dalam pengembangan transportasi massal guna pembangunan jalur layang KA Medan-Binjai.


Tercatat, ada sekitar 1.226 bangunan yang terdampak dalam pembangunan jalur layang KA Medan-Binjai tersebut. Di Kelurahan Dwi Kora, sebanyak 302 orang yang akan diberi santunan. Sebelumnya, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara telah memberikan santunan kepada masyarakat Kelurahan Silalas, Kelurahan Sekip dan Kelurahan Sei Agul yang juga berdampak dalam pembangunan jalur layang KA tersebut.


Sebelumnya, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara Dandun Prakosa menjelaskan,  pemberian santunan ini merupakan rangkaian kegiatan awal dalam rangka pembangunan jalur layang KA Medan-Binjai. “Kami harapkan pembangunannya dapat diselesaikan tahun 2024,” jelas Dandun.


Dalam mendukung pembangunan jalur layang tersebut, kata Dandun, pihaknya akan membangun dua stasiun baru yakni Stasiun Helvetia dan Stasiun Sunggal. Dikatakannya, kedua stasiun itu merupakan sarana penunjang untuk mendukung pembangunan transportasi perkotaan di wilayah Kota Medan.


Prosesi pemberian santunan kepada 302 warga Dwi Kora berjalan lancar. Bobby Nasution memberikan santunan secara simbolis kepada sejumlah warga disaksikan  Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara, Deputi Divre 1 PT KAI Sumut, Kadishub Kota Medan, para camat, Kapolsek Helvetia serta Danramil 06 Medan Sunggal. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini