Bawa Misi Damai, Jokowi ke Ukraina Temui Presiden Zelensky

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 29 Juni 2022 - 08:01
kali dibaca
Ket Foto : Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kyiv, Ukraina dari Stasiun Przemysl Glowny, Polandia pada Selasa (28/6). Dia akan menempuh perjalanan 12 jam menggunakan kereta untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Mediaapakabar.com
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo dalam perjalanan menuju Kyiv, Ukraina, untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky, Selasa (28/6/2022).

Jokowi beserta rombongan menempuh perjalanan kereta selama 12 jam dari Polandia menuju Ibu Kota Kyiv.


Rombongan tersebut berangkat menggunakan kereta dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia tepat pada pukul 21.15 waktu setempat, Selasa, (28/6).


Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu," tulis keterangan resmiBiro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.


Salah satu tujuan Jokowi bertemu Zelensky adalah untuk mendorong perdamaian di tengah perang yang terus berkecamuk antara Ukraina dan Rusia.


"Kunjungan presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah, dan terus mendorong spirit perdamaian," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam jumpa pers virtual pekan lalu.


Retno juga menyoroti fakta bahwa Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang melawat Ukraina dan Rusia di tengah perang ini.


Ia pun menyoroti fakta bahwa Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang melawat Ukraina dan Rusia di tengah perang ini.


AS bahkan mengancam tak akan menghadiri rangkaian pertemuan G20 jika ada Rusia. Dalam sejumlah rapat di AS, beberapa negara Barat juga sudah menunjukkan protes dengan walk out.


Presiden AS, Joe Biden, lantas mendesak Indonesia untuk mengajak Ukraina ke KTT G20 jika memang tetap ingin mengundang Rusia.


Di sisi lain, Jokowi juga sempat berkomunikasi langsung dengan Zelensky. Dalam perbincangan itu, Jokowi juga mengundang Zelensky untuk hadir ke KTT G20.


Setelah melawat Ukraina, Jokowi juga akan bertolak ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin di Moskow.


Agenda yang dibawa Jokowi ke Rusia pun sama yakni mendorong dialog damai antara Moskow dengan Kyiv. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini