Antisipasi Wabah PMK, Muspika Delitua dan Dinas Pertanian Lakukan Pengecekan Ternak

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:13
kali dibaca
Ket Foto : Muspika Kecamatan Delitua dan Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang melakukan pengecekan ternak sapi di Gang Banteng, Desa Mekar Sari, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (3/6/2022).

Mediaapakabar.com
Muspika Kecamatan Delitua dan Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang melakukan pengecekan ternak sapi di Gang Banteng, Desa Mekar Sari, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (3/6/2022).

Pengecekan itu dilakukan untuk mengantisipasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi edukasi mengenai penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sekaligus mengecek kondisi ternak yang terindikasi sudah terpapar penyakit PMK pada sebagian ternaknya," sebut Anggi Hasibuan dari dokter hewan, Sabtu, 04 Juni 2022.


Anggi menjelaskan, mengenai penyakit  dan mulut berupa gejala dan tindakan penangannya. "Di peternakan ini dari sebanyak 20 ekor ternak sapi yang ada 12 ekor yang sudah terpapar penyakit mulut dan kuku yang wajib di suntik," jelasnnya.


Ditempat yang sama, Camat Delitua, Hendra Syahputra Siregar mengatakan kepada pemilik ternak agar tetap berkoordinasi dengan pihak dari Dinas Pertanian Kecamatan selaku Satgas penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan untuk tindak lanjuti dan perkembangan kedepannya. 


"Pada kesempatan ini juga dilakukan penyuntikkan terhadap sapi yang sudah terpapar PMK dan pemberian desinfektan kepada pemilik ternak dari Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang," pungkasnya.


Dalam kegiatan itu turut hadir, Camat Delitua Hendra Syahputra Siregar, Kapolsek Delitua Kompol Dedy Dharma, Sekcam Sandi Sihombing, S. Sitepu Kanit Sabhara, Kasipem Inda Lusiana, Kades Mekar Sari Juliandi, Anggi Hasibuan dan Ema kemala dari Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang, Babinsa dan pemilik ternak. (ET)

Share:
Komentar

Berita Terkini